Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Pasar: Getah Geliat Industri China, Usulan Program PEN Anies Dikritik

Berita tentang pemulihan perekonomian China di saat pandemi Covid-19 yang menjadi pisau bermata dua menjadi sorotan harian Bisnis Indonesia edisi Rabu (30/9/2020).
Foto udara kapal yang mengangkut kontainer di Pelabhuan Yangshan Deepwater, Shanghai, China, Senin (23/3/2020). Bloomberg/Qilai Shenn
Foto udara kapal yang mengangkut kontainer di Pelabhuan Yangshan Deepwater, Shanghai, China, Senin (23/3/2020). Bloomberg/Qilai Shenn

Bisnis.com, JAKARTA -- Berita tentang pemulihan perekonomian China di saat pandemi Covid-19 sorotan harian Bisnis Indonesia edisi Rabu (30/9/2020).

Berikut beberapa rincian isu-isu terkini seputar perekonomian Indonesia:

1. Getah Geliat Industri China. Pemulihan industri China yang lebih cepat ketimbang negara lain, menjadi pedang bermata dua bagi sektor perdagangan di Indonesia.

2. Pembiayaan Khusus Aviasi Digagas. Menghadapi kondisi industri penerbangan nasional yang kian berat, kalangan maskapai mendesak dibentuknya lembaga pembiayaan nonbank khusus untuk aviasi guna mendukung kelangsungan bisnis mereka.

3. China Picu Dilema Pengusaha. Pengusaha merapatkan barisan untuk menghadapi dampak negatif pemulihan industri China. Sebagian ketir-ketir potensi serbuan barang dumping, sedangkan lainnya waswas pemerintah bakal merestriksi impor dari Negeri Panda.

4. Industri TV Keberatan Target Mepet. Ditetapkannya target migrasi dari
siaran analog ke digital dalam 2 tahun sejak RUU Cipta Kerja disahkan menjadi tantangan
berat bagi pelaku industri pertelevisian Tanah Air.

5. Usulan Program PEN Dikritik. Usulan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Daerah Provinsi DKI Jakarta dikritik Dewan Perwakilan Rakyat Daerah karena memasukkan program Kota Cerdas dengan anggaran Rp250 miliar.

6. Pembangunan Pelabunan Tanjung Carat Ditarget Mulai 2021. Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan menargetkan pembangunan pelabuhan laut dalam Tanjung Carat Kabupaten Banyuasin
yang berada dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api (TAA) dapat dimulai pada 2021.

7. Patimban Picu Kawasan Industri Baru. Asosiasi Pengusaha Indonesia memprediksi pengoperasian Pelabuhan Patimban Jawa Barat akan menumbuhkan kawasan industri baru di Cirebon, Subang dan Majalengka.

8. Lunch with CEO Plt. Dirut BMRI Hery Gunardi. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. memasuki usia ke-22 tahun pada 2 Oktober 2020. Peringatan yang tentu bakal dirayakan dalam suasana berbeda karena situasi pandemi Covid-19. Seperti apa perjalanan bank itu dan capaian ke depan, Bisnis berkesempatan mewawancarai Hery Gunardi, pelaksana tugas direktur utama bank berkode saham BMRI secara virtual belum lama ini.

9. Proyeksi Lebih Pesimistis. Bank Dunia memprediksi ekonomi Indonesia pada 2020 terkontraksi lebih dalam di kisaran 1,6% hingga 2% akibat terhantam pandemi Covid-19. Bank Dunia sebelumnya memperkirakan ekonomi Indonesia tidak tumbuh tahun ini.

10. Burden Sharing Diusulkan Hingga 2023. Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) meminta skema pembagian beban atau burden sharing Bank Indonesia dan pemerintah dalam memenuhi pembiayaan penanganan pandemi Covid-19 berlanjut hingga 2023.

11. Dilema di Tengah Krisis. Setelah krisis keuangan 2008, bank sentral di banyak negara mengeluarkan kebijakan yang kian beragam. Saat dunia dirundung pandemi Covid-19, otoritas moneter menghadapi tuntutan peran yang makin banyak.

12. Ekspor Justru Melambung. Meskipun tengah menggembargemborkan kebijakan sirkulasi
domestik atau dual circulation yang bertumpu pada konsumsi domestik, kinerja ekspor China merangkak naik di tengah permintaan mitra dagang yang melanjutkan aktivitas bisnis secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper