Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Yuan - Bloomberg
Premium

Ekspor China Melaju Kencang, Indonesia Kena Untung atau Buntung?

29 September 2020 | 21:09 WIB
Ekspor China telah melampaui ekspektasi tahun ini, tumbuh secara signifikan lebih cepat daripada perdagangan global karena permintaan yang kuat untuk barang-barang terkait Covid-19.

Bisnis.com, JAKARTA — Pemulihan ekonomi China terus menunjukkan indikasi positif yang ditopang oleh lonjakan ekspor dan kebijakan sirkulasi domestiknya.

Data dari Oxford Economics dan Haver Analytics menunjukkan bahwa meskipun volume keseluruhan telah turun, pangsa ekspor global China dibandingkan dengan eksportir besar lainnya melonjak menjadi lebih dari 18 persen pada April lalu, sebelum turun sedikit menjadi 15,9 persen pada Juli.

Ekspor China telah melampaui ekspektasi tahun ini, tumbuh secara signifikan lebih cepat daripada perdagangan global karena permintaan yang kuat untuk barang-barang terkait Covid-19.

Tak hanya itu, Biro Statistik Nasional China belum lama ini melaporkan keuntungan yang diperoleh industri nasional naik 19 persen pada Agustus 2020, setelah kenaikan 19,6 persen terjadi pada Juli. 

Pembukaan kembali secara bertahap banyak negara di Asia dan di seluruh dunia juga telah meningkatkan minat akan barang-barang China, meskipun tidak jelas berapa lama negara tersebut akan terus mendapatkan keuntungan dari faktor-faktor ini.

Lalu, apa dampaknya pemulihan ekonomi China terhadap ekonomi Indonesia? Secara langsung, tentu saja Indonesia pasti akan menuai dampak ikutan terhadap pemulihan ekonomi China, baik dari segi impor yang meningkat maupun kemudahan importir untuk mengakses bahan baku dari Negeri Panda tersebut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top