Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Foto udara proyek pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (23/6/2020). Bisnis - Rachman
Premium

Pelabuhan Patimban Magnet Bisnis Properti, Subang Harus Siap Berubah

29 September 2020 | 22:49 WIB
Kehadiran Pelabuhan Patimban menjadi magnet bagi kalangan developer untuk mengembangkan proyek di sekitarnya. Kabupaten Subang pun mesti menghadapi perubahan. Bukan hanya kawasan indsutri yang akan mengikuti kehadiran Pelabuhan Patimban, melainkan juga perumahan, bahkan pengembangan properti berskala kota.

Bisnis.com, JAKARTA – Kehadiran proyek Pelabuhan Patimban di Pantura Kabupaten Subang, Jawa Barat, diyakini dapat mendongkrak sektor properti terutama kawasan industri di wilayah tersebut.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bidang Properti dan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar menuturkan kawasan industri di sekitar Pelabuhan Patimban bakal mendukung kegiatan ekspor impor.

Kawasan industri yang mendukung kegiatan ekspor impor melalui Patimban adalah yang berlokasi di Karawang, Purwakarta, Subang, Majalengka. Indramayu, dan Cirebon.

"Apalagi pembangunan Patimban ini mundur dan bergeser dari sebelumnya Cilamaya," ujarnya kepada Bisnis pada Selasa (29/9/2020).

Saat ini, lanjutnya, yang diperlukan membangun akses menuju Pelabuhan Patimban. Pasalnya untuk ruas jalan bebas hambatan dari Cipali belum terbangun.

"Pelabuhan jadi, aksesnya belum ada, tak ada gunanya. Jangan sampai terulang seperti Bandara Kertajati. Pembangunan Patimban ini harus seiring dengan akses menuju ke sana. Kami dorong terus," kata Sanny yang juga Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top