Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sentra Food Gandeng UKM Ekspansi di Masa Covid-19

PT Sentra Food Indonesia Tbk. melalui anak usahanya PT Kemang Food Industries menggencarkan strategi kemitraan dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam memaksimalkan kinerja di tengah pandemi Covid-19
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 20 September 2020  |  17:55 WIB
Didirikan pada 28 Juni 2004, PT Sentra Food Indonesia adalah perusahaan yang khusus bergerak di bidang makanan dan minuman.  - Sentra Food Indonesia
Didirikan pada 28 Juni 2004, PT Sentra Food Indonesia adalah perusahaan yang khusus bergerak di bidang makanan dan minuman. - Sentra Food Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sentra Food Indonesia Tbk. melalui anak usahanya PT Kemang Food Industries menggencarkan strategi kemitraan dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam memaksimalkan kinerja di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Utama Sentra Food Indonesia Agustus Sani Nugroho mengatakan Kemang Food mulai giat dalam menjalankan Program Kemitraan untuk mengembangkan pasar baru yang juga mendukung UMKM.

"Program Kemitraan baru saja mulai agak tertunda akibat pandemi ini. Mungkin nanti akhir tahun akan mulai ada data mitra yang sudah bergabung," katanya kepada Bisnis, Minggu (20/9/2020).

Agus mengemukakan strategi lain, untuk memaksimalkan kinerja saat ini adalah dengan melakukan pengetatan dan efisiensi biaya, tetap melakukan penetrasi pasar secara lebih agresif, serta mulai memaksimalkan penjualan secara daring.

Peluncuran produk-produk baru oleh PT Kemang Food Industries juga menjadi salah satu strategi untuk tetap bertahan di era pandemi ini.

"Kami telah merilis sejumlah produk baru. Namun, memang saat ini sebagian baru mulai dan sebagian lagi masih proses untuk masuk dalam pasar," ujar Agus.

Menurutnya, proses produk masuk pasar akibat pandemi Covid-19 ini juga tidak dapat dilakukan secepat yang diharapkan.

Sementara dari sisi produksi, perseroan mengklaim tidak terlalu ada kendala dari sisi supply bahan baku dan produksi. Menurutnya penjualan masih sangat tertekan karena sektor Horeka masih sangat terbatas dan tidak dapat beroperasi secara normal.

"Sektor retail pun masih mengalami tekanan pasar dan menurun sekali demand pasarnya akibat Pandemi ini," ujarnya.

Adapun sejumlah produk baru yang siap dirilis perseroan yakni Dendeng Sapi Manis Kemfood dan Rendang Padang Kemfood.

Dua produk itu akan disajikan dalam kemasan siap santap yang praktis untuk masyarakat. Tak hanya itu, produk Bakso Ayam dan Ikan juga diperkirakan akan segera siap masuk pasar. Perseroan juga baru melakukanprhoduksi Bakso Ikan merek Yangini dan Villa.

Menurut Agus dengan permintaan pasar yang turun saat ini, sudah tentu memengaruhi produksi secara paralel lenih rendag dari yang biasanya 150-200 ton per tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stok pangan PT Sentra Food Indonesia Tbk.
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top