Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Tiga Calon Bandara Super Hub, Mana Saja?

Kemenhub membeberkan tiga nama bandara yang menjadi calon super hub dan saat ini masih dalam pembahasan intens.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 September 2020  |  14:24 WIB
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur. - BUMN.go.id
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur. - BUMN.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengkaji tiga bandara yang berpotensi menjadi super hub di antaranya Bandara Ngurah Rai di Bali, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, serta Bandara di Sulawesi Utara

Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan bandara di Bali akan dikembangkan menjadi lebih besar sehingga dapat melayani hingga 50 juta penumpang kedepan, selanjutnya SAMS Sepinggan Balikpapan yang merupakan bandara internasional untuk dikoneksikan dengan rencana ibu kota baru.

Selanjutnya, Bandara Likupang di Sulawesi utara diwacanakan untuk bisa mengakomodir ekspor baik dari hasil industri perikanan maupun yang lainnya. Tujuannya, lanjut dia, supaya wilayah timur indonesia bisa terkoneksi langsung dengan China, Jepang dan Eropa bagian timur.

“Itu desain kami masih bahas intens, sehingga jaringan rute nasional pariwisata, domestik, dan internasional supaya terkoneksi dengan baik memberikan impak ke perekonomian,” jelasnya, Kamis (17/9/2020).

Novie memaparkan saat ini terkait dengan konektivitas transportasi udara antar wilayah di Indonesia menyangkut tiga wilayah terluar, terdalam, tertinggal. Untuk meningkatkan konektivitas ini terdapat 35 bandara yang dibangun mencakup bandara baru dan perbaikan.

Sementara untuk konektivitas penerbangan dalam negeri saat ini terdapat 393 rute 14 maskapai yang menghubungkan sebanyak 135 kota. Pemerintah juga memberikan subsidi angkutan perintis dari APBN kepada 188 penumpang dan 27 rute angkutan rute.

Tak hanya domestik, untuk rute internasional saat ini sebanyak 152 rute yang menghubungkan Indonesia dengan kota lainnya Layanan penerbangan internasional ini dilakukan oleh sebanyak 10 maskapai nasional dan 51 maskapai asing yang terkoneksi di 26 kota dalam negeri serta menghubungkan 65 kota di mancanegara.

Saat ini pembahasan terkait dengan pembentukan super hub dan hub oleh pemerintah pusat telah dilakukan di Kemenko Perekonomian dan Bappenas dengan sejumlah konsep yang masih didalami.

Juru Bicara Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Jodi Mahardi super hub nantinya adalah kombinasi pendekatan antara klaster industri dengan hub transportasi disesuaikan dengan prioritas rencana pengembangan industri oleh pemerintah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub bandara
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top