Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

4 PT Dilibatkan Kaji Dampak Covid-19 terhadap Sektor Perhubungan

Keempat kampus perguruan tinggi (PT) itu yakni Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Gadjah Mada.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 15 September 2020  |  11:33 WIB
Suasana terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis (15/5/2020) siang, tampak sepi setelah sempat terjadi antrean penumpang tanpa jarak yang berisiko terjadi penularan Covid-19 pada Kamis (14/5/2020) pagi. JIBI - Bisnis/Abdul Azzam
Suasana terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis (15/5/2020) siang, tampak sepi setelah sempat terjadi antrean penumpang tanpa jarak yang berisiko terjadi penularan Covid-19 pada Kamis (14/5/2020) pagi. JIBI - Bisnis/Abdul Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan menggandeng pendidikan tinggi guna memberi rekomendasi kebijakan di sektor darat, laut, udara, dan perkeretaapian dalam menghadapi dampak Covid-19.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta masukan dari berbagai hal penting dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan dampaknya di sektor transportasi.

"Dengan masukan dari perguruan tinggi, banyak sekali hal-hal penting yang tadinya kami tidak berpikir begitu jauh, memberi masukan-masukan yang baik. Kami fokuskan menjalankan kebijakan transportasi yang aman dan produktif selama Covid-19," ujarnya, dalam Kickoff Webinar Series Transportasi Sehat Indonesia Maju, Selasa (15/9/2020).

Menurutnya, kolaborasi antara perguruan tinggi, riset, regulator, operator, masyarakat yang didukung lembaga legislatif sangat penting guna membuat regulasi yang aman dan tepat.

Kepala Balitbanghub Umiyatun Hayati Triastuti menuturkan bahwa penelitian ini berkolaborasi dengan empat kampus di Indonesia, yakni Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Gadjah Mada.

“Kajian mendukung kebijakan di sektor transportasi, sudah melaksanakan sembilan webinar dengan empat perguruan tinggi. Hingga akhir September 2020 dalam rangka Harhubnas [Hari Perhubungan Nasional]," katanya.

Penelitian ini melibatkan 163 peneliti, dosen dan dari pihak Balitbang Kemenhub. Peran transportasi dalam memindahkan orang menjadi salah satu potensi penyebaran virus Covid-19 di tempat lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian perhubungan covid-19
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top