Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain Pelindo II, BP Batam Ajak Investor Lain di Proyek Dermaga Utara Batu Ampar

Badan Pengusahaan (BP) Batam mengundang investor lain ikut mengembangkan dermaga utara Pelabuhan Batu Ampar Batam, meski PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II telah menyelesaikan kajian pengembangannya.
Kegiatan Bongkar muat kontainer di Pelabuhan Batu Ampar, Selasa (8/9/2020)./Bisnis-Bobi Bani.
Kegiatan Bongkar muat kontainer di Pelabuhan Batu Ampar, Selasa (8/9/2020)./Bisnis-Bobi Bani.

Bisnis.com, BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam mengundang investor lain ikut mengembangkan dermaga utara Pelabuhan Batu Ampar Batam, meski PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II telah menyelesaikan kajian pengembangannya.

Hasil kajian tersebut telah disampaikan kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai pengelola pelabuhan.

Syahril Japarin, Anggota Bidang Pengusahaan Batam, menuturkan bahwa hasil kajian tersebut mengarah pada upaya perbaikan dan pengembangan yang lebih besar sekaligus.

Syahril tidak menjelaskan secara detil apa-apa yang harus diperbaiki dan bagaimana konsep pengembangan untuk mendorong peningkatan kapasitas dermaga utara ini sesuai dengan kajian Pelindo II tersebut.

Pada prosesnya, hasil kajian tersebut akan menjadi landasan bagi BP Batam untuk mempersiapkan pengembangan Pelabuhan Batu Ampar ke depan. Bisa saja pengembangan pelabuhan logistik utama di Batam ini dikerjakan oleh Pelindo II, namun tidak menutup kemungkinan akan ada pihak lain yang terlibat.

“Dermaga Utara sedang dipersiapkan sesuai dengan hasil kajian konsultan dari Pelindo III. Pembangunan selanjutnya mungkin bisa dengan Pelindo II atau pihak lain,” kata Syahril, Senin (14/9/2020).

Kapan tepatnya pengembangan Dermaga Utara ini akan dimulai, Syahril belum bisa memberikan kepastian. Sementara untuk Dermaga Selatan Pelabuhan Batu Ampar sendiri, BP Batam menargetkan pengembangan sistem dan manajemen pelabuhan akan dimulai tahun 2020 ini.

“Intinya rencana pengembangan Dermaga Utara sedang kita siapkan,” kata Syahril lagi.

Pelindo II menegaskan proses revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar terdiri dari tiga fase. Pertama, revitalisasi dilakukan dari segi infrastruktur, suprastruktur dan sistem. Harapannya setelah revitalisasi fase pertama dilakukan, kapasitas bongkar muat bisa meningkat hingga 600-800 ribu TEUs.

Revitalisasi fase kedua akan dilakukan dalam jangka waktu 3-5 tahun ke depan, dilanjutkan dengan fase ktiga yang tujuannya baru bisa dirasakan dalam jangka Panjang yakni meningkatkan daya saing Indonesia dengan Singapura.

Dari segi infrastruktur, Pelindo II akan melakukan pendalaman kolam dermaga menjadi 12 meter sehingga kapal besar bisa bersandar. Nantinya akan ada standarisasi dari sisi terminal untuk menempatkan peralatan sehingga produktivitas lebih baik. Area container yard dan akses ke pelabuhan juga akan ditata.

Dengan cara perbaikan ini, kapal akan lebih mudah datang, bongkar muat lebih mudah dan daya saing logistik lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper