Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenkeu Akui PSBB Jakarta Bikin Rakyat Rentan Jadi Miskin

Dampaknya PSBB kepada kemiskinan, melemahnya perekonomian akan diikuti oleh pemutusan hubungan kerja (PHK) dan rontoknya sektor informal.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 11 September 2020  |  16:14 WIB
Warga beraktivitas di permukiman semi permanen di Kampung Kerang Ijo, Muara Angke, Jakarta, Selasa (22/1/2019). - ANTARA/Aprillio Akbar
Warga beraktivitas di permukiman semi permanen di Kampung Kerang Ijo, Muara Angke, Jakarta, Selasa (22/1/2019). - ANTARA/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Keputusan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bagai pisau bermata dua. Upaya ini untuk menekan penyebaran Covid-19, tapi membuat ekonomi kembali lesu.

Staf Khusus Menteri Keuangan, Candra Fajri Ananda mengatakan bahwa saat aktifitas mobilitas penduduk dan sumber daya baik itu barang dan jasa dibatasi, maka akan tercipta kelangkaan.

“Yang menyebabkan penurunan transaksi perdagangan. Akhirnya bisnis terutama sektor perdagangan akan anjlok,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Jumat (11/9/2020).

Candra menjelaskan bahwa apabila hal tersebut diikuti oleh kenaikan harga karena barang menjadi langka, efeknya cukup berbahaya.

“Di negara kita, sampai saat ini inflasi masih terkendali dan bahkan terjadi deflasi,” jelasnya.

Sedangkan pada dampaknya kemiskinan, melemahnya perekonomian akan diikuti oleh pemutusan hubungan kerja (PHK) dan rontoknya sektor informal. Akhirnya menyebabkan penurunan daya beli yang signifikan.

“Hal ini semua akan menyebabkan masyarakat rentan akan menjadi miskin,” terang Candra.

Candra menuturkan bahwa untuk mengatasinya, pemerintah memiliki beberapa program. Salah satunya pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Program PEN berusaha menahan anjloknya ini melalui program-program BLT [bantuan langsung tunai] yang akan semakin masif. Untuk menjaga daya beli tetap terjaga,” ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemiskinan kementerian keuangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top