Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Realisasi Anggaran 6 Kelompok Program PEN Capai Rp182,55 Triliun

Hal itu terungkap dalam rapat plenot Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (Komite PC-PEN), Rabu (26/8/2020).
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 26 Agustus 2020  |  23:39 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan penjelasan mengenai strategi pemulihan ekonomi nasional dan peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jakarta, Rabu (5/8/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan penjelasan mengenai strategi pemulihan ekonomi nasional dan peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jakarta, Rabu (5/8/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Realisasi anggaran dari 6 kelompok program pemulihan ekonomi nasional dilaporkan mencapai Rp182,55 triliun atau sebesar 26,2 persen.

Hal itu terungkap dalam rapat plenot Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (Komite PC-PEN) yang membahas hasil monitoring dan evaluasi selama 1 bulan pelaksanaan tugas komite tersebut, terutama terkait dengan efektivitas program dan realisasi penyerapan anggaran.

“Perkembangan sampai dengan hari ini, realisasi anggaran dari 6 kelompok program PEN, mencapai Rp182,55 triliun atau sebesar 26,2 persen,” ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga dalam keterangan resmi, Rabu (26/8/2020).

Selama 2 bulan atau pada Juli dan Agustus 2020, realisasi penyerapan anggaran meningkat tajam dari penyerapan yang hanya sebesar Rp124,62 triliun pada akhir Semester I dan Rp147,67 Triliun pada Juli lalu.

Realisasi penyerapan pada Agustus tercatat meningkat 23,6 persen seiring dengan berbagai upaya percepatan mendorong realisasi program dan anggaran.

Selain itu juga dilakukan penyisiran atas semua program, sehingga diperoleh angka berapa anggaran yang diperkirakan masih belum terserap sampai dengan akhir 2020. Untuk membahas detail rincian anggaran yang masih bisa dimanfaatkan ini, besok akan dilakukan pembahasan khusus antara Ketua Komite dengan Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan dan Kepala BNPB.

“Kita ingin memastikan bahwa semua alokasi anggaran sudah ada programnya dan sudah bisa dipastikan realisasinya. Kalau ada program yang berpotensi tidak terealisasi dan tidak terserap anggarannya, kita sudah siapkan beberapa usulan program baru dengan kriteria yang berdampak signifikan terhadap ekonomi kita,” tutup Menko Airlangga.

Selain membahas anggaran itu, Komite PC-PEN juga memutuskan untuk melakukan perubahan Perpres 82/2020 dan Menyusun Perpres Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi.

Perubahan dalam regulasi tentang Komite PC-PEN itu antara lain terkait dengan struktur organisasi dan susunan keanggotaan. Usulan baru yang akan dimasukkan dalam Perubahan Perpres 82/2020 ini akan menyederhanakan hierarki dan alur dalam pelaksanaan tugas Komite.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19 airlangga hartarto
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top