Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berdampak Ekonomi, Ruas-Ruas Tol Sumatra Ini Segera Digarap

Sejumlah ruas tol prioritas itu ditetapkan karena akan mendorong pertumbuhan ekonomi antar daerah di Sumatra.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 25 Agustus 2020  |  20:15 WIB
Titik nol jalan tol Trans-Sumatra di sisi luar Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Gambar diambil pada Senin (14/8/2017). - Bisnis.com/M. Syahran W. Lubis
Titik nol jalan tol Trans-Sumatra di sisi luar Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Gambar diambil pada Senin (14/8/2017). - Bisnis.com/M. Syahran W. Lubis

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pengatur Jalan Tol menetapkan sejumlah ruas tol prioritas untuk segera dirampungkan guna mendorong perekonomian di Pulau Andalas.

Kepala BPJT Danang Parikesit menyebutkan bahwa sejumlah ruas tol prioritas itu ditetapkan karena akan mendorong pertumbuhan ekonomi antar daerah di Sumatra.

"Beberapa ruas tol Sumatra yang urgen untuk diselesaikan yaitu tol Jambi—Palembang karena ini akan mendorong aktivitas ekonomi dari Jambi ke Sumatra Selatan dan sebaliknya," ujarnya seperti dikutip dalam saluran Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (25/8/2020).

Selain itu, ada ruas tol lain yaitu Pekanbaru—Rengat. Tol ini akan menghubungkan Kota Pekanbaru di tengah Sumatra ke wilayah lintas timur yaitu Rengat dan akan berlanjut ke Provinsi Jambi.

Saat ini masyarakat setempat masih mengandalkan jalan lintas Sumatra yang merupakan jalan nasional sebagai jalur penghubung.

Selanjutnya ada juga ruas tol Kuala Tanjung—Tebing Tinggi—Parapat. Ruas ini akan menghubungkan Medan, Ibu Kota Sumatra Utara, dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, yang memang sudah menjadi prioritas pemerintah pusat untuk dikembangkan sebagai salah satu dari proyek 10 Bali baru pariwisata nasional.

Kemudian, untuk melanjutkan ruas tol dari ujung Sumatra, BPJT juga akan mendorong pembangunan tol dari Banda Aceh—Sigli yang saat ini sudah berjalan, kemudian berlanjut sampai ke Lhokseumawe—Binjai—Belawan.

"Untuk tol Aceh ini sangat cepat, pengadaan lahannya dalam 2 tahun sudah hampir rampung, kami harap bisa berlanjut ke ruas tol lainnya," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol trans-sumatra
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top