Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembebasan Lahan Tol Trans-Sumatra Rampung 2022, Mungkinkah?

Untuk merealisasikan target penyelesaian jalan tol Sumatra pada 2024, proses pembebasan lahan secara keseluruhan harus sudah dituntaskan pada 2022.
Grafis jalan tol Trans-Sumatra./Bisnis
Grafis jalan tol Trans-Sumatra./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pengatur Jalan Tol menargetkan proses pembebasan lahan proyek jalan tol Trans-Sumatra bisa rampung seluruhnya pada 2022.

Kepala BPJT Danang Parikesit menjelaskan bahwa saat ini pemerintah mendorong penyelesaian jalan tol ujung utara, setelah menyelesaikan proyek tol di ujung selatan.

"Sebelumnya di ujung selatan Sumatra, tol sepanjang hampir 400 kilometer dari Lampung ke Palembang sudah rampung, dan sekarang kami mendorong penyelesaian tol ujung utara yaitu Aceh ke Sigli, kemudian akan berlanjut Lhokseumawe dan Langsa, sampai nantinya bisa mencapai target penuntasan tol Sumatra pada akhir 2024," ujar Danang seperti dikutip dari saluran Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (25/8/2020).

Danang mengaku bahwa untuk dapat merealisasikan target penyelesaian jalan tol Sumatra pada 2024, proses pembebasan lahan secara keseluruhan harus sudah dituntaskan pada 2022.

Menurutnya, dari sekitar hampir 3.000 kilometer panjang total jalan tol Sumatra, sekitar 2.000 kilometer merupakan ruas tol prioritas yang menghubungkan ujung selatan Sumatra dari Lampung ke ujung utara di Aceh.

Kemudian, sekitar 919 kilometer lainnya merupakan sirip proyek tol Sumatra ataupun ruas pendukung, yang menghubungkan ruas utama tol Sumatra ke provinsi lainnya di pesisir barat.

"Saat ini, kami bersama Hutama Karya sebagai BUJT [badan usaha jalan tol] tol Sumatra sedang menyiapkan perjanjian konsesi tujuh ruas utama lainnya," ujar Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper