Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mutu Layanan 2018-2020 Kurang, PLN Kena Penalti Rp778,8 Miliar

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 18/2019, PLN bisa terkena penalti bila tidak memenuhi tingkat mutu pelayanan (TMP).
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 18 Agustus 2020  |  18:32 WIB
Seorang anak belajar dengan menyalakan lilin sebagai alat bantu penerangan saat listrik padam, di Kota Gorontalo, Gorontalo, Minggu (6/1/2019). - ANTARA/Adiwinata Solihin
Seorang anak belajar dengan menyalakan lilin sebagai alat bantu penerangan saat listrik padam, di Kota Gorontalo, Gorontalo, Minggu (6/1/2019). - ANTARA/Adiwinata Solihin

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat denda yang dibayarkan PT PLN (Persero) akibat tidak terpenuhinya tingkat mutu pelayanan hingga Agustus 2020 mencapai Rp2 miliar. Jika digabung dengan 2 tahun sebelumnya, penalti yang dibayar PLN tercatat  Rp778,8 miliar.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi mengatakan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 18/2019, PLN bisa terkena penalti bila tidak memenuhi tingkat mutu pelayanan (TMP).

Indikator kompensasi TMP meliputi jumlah gangguan dalam setahun, kecepatan pelayanan sambungan baru, kecepatan pelayanan perubahan daya, kesalahan pembacaan kWh meter, waktu koreksi kesalahan rekening, dan lama gangguan.

"PLN pada 2018 sudah keluarkan Rp5,1 miliar akibat dendan karena tidak penuhi TMP.  Waktu 2019, kasus blackout itu sempat Rp771,5 miliar. Sekarang sampai Agustus hanya Rp2 miliar," ujar Hendra dalam sebuah webinar, Selasa (18/8/2020).

Hendra berharap agar ke depan nominal denda TMP yang dibayarkan PLN makin mengecil.  Hal ini menunjukkan pelayanan listrik PLN kepada pelanggannya makin membaik.

"Mudah-mudahan September sampai akhir tahun makin kecil dana yang disampaikan ke masyarakat untuk penalti TMP.  Ini berarti menunjukkan TMP jauh lebih baik," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN listrik padam
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top