Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Desa Penagan Budi Daya Kakap Putih di Areal Eks Tambang

Pengembangan budi daya kakap putih sistem keramba apung di lahan bekas tambang PT Timah Tbk. bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka
Ilustrasi Ikan kakap putih./JIBI
Ilustrasi Ikan kakap putih./JIBI

Bisnis.com, PANGKAL PINANG — PT Timah Tbk. mendorong Desa Penagan, Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjadi sentra budi daya kakap putih guna meningkatkan perekonomian masyarakat di lingkungan operasional perusahaan itu.

"Kami siap membantu warga Penagan yang berkeinginan menjadikan daerahnya sebagai sentra budi daya kakap putih di Bangka Belitung," kata Kepala Bidang Program Pemberdayaaan Masyarakat PT Timah Tbk. (TINS) Doddi Fredika, Sabtu (15/8/2020).

Dalam mewujudkan Desa Penagan sebagai sentra budi daya kakap putih, katanya, PT Timah telah menyalurkan 5.000 bibit kakap putih, keramba apung, memfasilitasi warga membudidayakan di lahan reklamasi seluas 15 hektare, dan melatih warga membuat pakan ikan agar mereka dapat secara mandiri mengembangkan usaha perikanan.

"Saat ini baru 15 hektare dari ratusan hektare lahan reklamasi PT Timah Tbk. di Desa Penagan yang dimanfaatkan untuk pembesaran kakap putih dan ini akan terus dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pendemi Covid-19 ini," kata Doddi.

Menurutnya, pengembangan budi daya kakap putih sistem keramba apung di lahan bekas tambang ini bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka sehingga masyarakat tidak sepenuhnya mengandalkan hasil perkebunan dan pertanian untuk menopang ekonomi keluarga mereka.

Ketua Kelompok Peduli Lingkungan Hijau Bangka Sopian mengatakan bahwa saat minat masyarakat beralih membudidayakan kakap putih cukup tinggi karena bernilai ekonomi tinggi dan ikan tersebut merupakan salah satu komoditas ekspor.

"Ini cita-cita kami dari dulu untuk menjadikan Desa Penagan sebagai sentra budi daya kakap putih," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper