Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Masyarakat Desa Penagan Budi Daya Kakap Putih di Areal Eks Tambang

Pengembangan budi daya kakap putih sistem keramba apung di lahan bekas tambang PT Timah Tbk. bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Agustus 2020  |  12:51 WIB
Ilustrasi Ikan kakap putih. - JIBI
Ilustrasi Ikan kakap putih. - JIBI

Bisnis.com, PANGKAL PINANG — PT Timah Tbk. mendorong Desa Penagan, Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjadi sentra budi daya kakap putih guna meningkatkan perekonomian masyarakat di lingkungan operasional perusahaan itu.

"Kami siap membantu warga Penagan yang berkeinginan menjadikan daerahnya sebagai sentra budi daya kakap putih di Bangka Belitung," kata Kepala Bidang Program Pemberdayaaan Masyarakat PT Timah Tbk. (TINS) Doddi Fredika, Sabtu (15/8/2020).

Dalam mewujudkan Desa Penagan sebagai sentra budi daya kakap putih, katanya, PT Timah telah menyalurkan 5.000 bibit kakap putih, keramba apung, memfasilitasi warga membudidayakan di lahan reklamasi seluas 15 hektare, dan melatih warga membuat pakan ikan agar mereka dapat secara mandiri mengembangkan usaha perikanan.

"Saat ini baru 15 hektare dari ratusan hektare lahan reklamasi PT Timah Tbk. di Desa Penagan yang dimanfaatkan untuk pembesaran kakap putih dan ini akan terus dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pendemi Covid-19 ini," kata Doddi.

Menurutnya, pengembangan budi daya kakap putih sistem keramba apung di lahan bekas tambang ini bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka sehingga masyarakat tidak sepenuhnya mengandalkan hasil perkebunan dan pertanian untuk menopang ekonomi keluarga mereka.

Ketua Kelompok Peduli Lingkungan Hijau Bangka Sopian mengatakan bahwa saat minat masyarakat beralih membudidayakan kakap putih cukup tinggi karena bernilai ekonomi tinggi dan ikan tersebut merupakan salah satu komoditas ekspor.

"Ini cita-cita kami dari dulu untuk menjadikan Desa Penagan sebagai sentra budi daya kakap putih," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reklamasi budi daya ikan

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top