Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Antisipasi Dua Hari Libur Pekan Ini, KAI Tambah KA Jarak Jauh

KAI menambah perjalanan KA Jarak Jauh dan memperpanjang rangkaian kereta untuk mengantisipasi dua hari libur yang berdekatan pada pekan ini.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  12:27 WIB
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah perjalanan KA Jarak Jauh serta memperpanjang rangkaian kereta pada beberapa perjalanan untuk mengatisipasi libur Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus dan libur Tahun Baru Islam pada 20 Agustus 2020.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan penambahan ini bertujuan untuk mengakomodir pelanggan yang ingin bepergian menggunakan kereta api pada libur panjang yang berdekatan.

"Selain itu, KAI juga menambah KA yang berjalan setiap hari dari sebelumnya KAI menjalankan KA tertentu hanya pada akhir pekan dan tanggal tertentu dengan melihat minat dari masyarakat," jelasnya melqlui keterangan resmi dikutip Jumat (14/8/2020).

Joni mengatakan KA yang dijalankan kembali setiap hari diantaranya mulai pada 15 Agustus 2020, KA Argo Wilis (Gambir - Surabaya Gubeng pp). Selanjutnya pada 17 Agustus, KA Progo (Pasar Senen - Lempuyangan pp), dan Malabar (Pasar Senen - Malang pp)

Mulai 18 Agustus, KA Matarmaja (Pasar Senen - Malang pp) dan Bima (Gambir - Malang pp). Tak hanya itu Mulai 19 Agustus, KA Ciremai (Bandung - Semarang Tawang pp), Argo Muria (Gambir – Semarang Tawang) serta Argo Sindoro (Semarang Tawang - Gambir).

Masyarakat dapat mengakses aplikasi KAI Access untuk melihat info detail seluruh KA yang dioperasikan pada Agustus 2020 ini. Tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Pada Agustus 2020, KAI rata-rata mengoperasikan 53 KA Jarak Jauh per hari. Jumlah tersebut meningkat 55 persen dibanding bulan Juli 2020 yaitu rata-rata mengoperasikan 34 KA Jarak Jauh per hari.

KAI mengoperasikan kembali Kereta Api Jarak Jauh dari dan menuju kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Cilacap, Yogyakarta, Solo, Madiun, Blitar, Surabaya, Malang, Jember, hingga Ketapang.

KA yang dioperasikan diantaranya Argo Wilis (Gambir - Surabaya Gubeng pp), Malabar (Pasar Senen - Malang pp), Brantas (Pasar Senen - Blitar pp), Progo (Pasar Senen - Lempuyangan pp), Senja Utama Yogyakarta (Pasar Senen - Yogyakarta pp), Lodaya (Bandung - Solo Balapan pp), Ciremai (Bandung - Semarang Tawang pp), Purwojaya (Gambir - Cilacap pp), Mutiara Timur (Surabaya Gubeng - Ketapang pp), dan berbagai KA lainnya.

Sampai dengan saat ini sudah terdapat KA-KA yang okupansinya cukup tinggi pada perjalanan akhir pekan ini, terutama KA-KA menuju Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang. Maka dari itu, untuk melayani lebih banyak masyarakat, KAI memperpanjang jumlah rangkaian pada rute dan tanggal yang menjadi favorit masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai kereta api
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top