Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Star Energy Kembangkan Potensi Ekonomi Masyarakat di Jawa Barat

Program-program pemberdayaan masyarakat ini dilakukan di sejumlah wilayah di Jabar seperti Kab. Bandung, Garut, Sukabumi, serta Bogor.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  17:36 WIB
Pekerja melakukan pemeriksaan rutin jaringan instalasi pipa di wilayah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Salak yang berkapasitas 377 megawatt (MW) milik Star Energy Geothermal, di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/4/2018). - JIBI/Rachman
Pekerja melakukan pemeriksaan rutin jaringan instalasi pipa di wilayah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Salak yang berkapasitas 377 megawatt (MW) milik Star Energy Geothermal, di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/4/2018). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA — Star Energy Geothermal, perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi yang area operasinya berada di Jawa Barat, terus meningkatkan program tanggung jawab sosial.

Tujuannya adalah untuk mendukung pencapaian target sustainability development goals (SDG's) melalui program pemberdayaan masyarakat.

Program-program pemberdayaan masyarakat ini dilakukan di wilayah Kabupaten Bandung, khususnya di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi, serta Kabupaten Bogor.

"Kami mengembangkan program pemberdayaan masyarakat yang berorientasi pada upaya berkelanjutan dengan beberapa target yang dirumuskan untuk mencapai sustainability development goals," kata Heribertus Dwiyudha, Chief Power Plant Operations Officer Star Energy Geothermal, melalui siaran pers, Jumat (14/8/2020).

Beragam program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan Star Energy Geothermal tersebut antara lain pemberdayaan ekonomi lokal (sentra kopi, jamur, peternakan, dan pertanian ramah lingkungan), peningkatan akses pendidikan (literasi, pelatihan guru, bea siswa), dan perlindungan lingkungan (ekowisata, restorasi mata air, konservasi hutan). 

Adapun, strategi pengembangan program pemberdayaan masyarakat secara terpadu akan difokuskan pada pengembangan kawasan melalui program unggulan geowisata kawah Wayang, ekowisata Darajat, dan greenbelt hutan koridor Gunung Salak yang akan memberi dampak langsung kepada masyarakat secara bervariasi, mulai dari kesejahteraan, kualitas hidup, dan kualitas lingkungan.

"Kami ingin mengembangkan kawasan dengan mendayagunakan potensi masyarakat dan dilakukan bersama masyarakat dengan prinsip saling mendukung dan transparansi," ujar Heribertus. 

Mochamad Aleh Setiapermana, (Ketua Koperasi Petani Kopi Margamulya, Pengalengan, mengungkapkan dukungan program pengembangan masyarakat Star Energy sangat membantu pengembangan usahanya, sekaligus memberdayakan petani lainnya. 

Dukungan yang diberikan antara lain penyediaan bibit kopi, alat pengolahan, pelatihan budi daya dan pendampingan pengolahan biji kopi pascapanen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

csr energi terbarukan star energy geothermal
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top