Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN UIP Kalbagtim Tingkatkan Keandalan Sistem Kalimantan Timur

PLM sedang menerjakan sejumlah proyek di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sebagai langkah mengoptimalkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah tersebut.
Kalimantan Timur, lokasi ibu kota negfara yang baru./Bisnis.com/Syahruddin
Kalimantan Timur, lokasi ibu kota negfara yang baru./Bisnis.com/Syahruddin

Bisnis.com, TENGGARONG – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangunan (UIP) Kalimantan Bagian Timur terus mengoptimalkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah kerjanya. Ada beberapa proyek yang dikerjakan.

Manajer PLN UPP Kitring Kalbagtim 3, Muchamad Subchan Fuad, mengatakan bahwa ada tiga proyek pembangkit yang menjadi pengembangan tahun ini. Lokasinya terdapat di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Dia menambahkan terdapat pula 14 section proyek transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV di Kaltim dan Kaltara serta pembangunan empat gardu induk yang sedang dalam proses konstruksi dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

“Terdapat empat jalur transmisi yang menjadi prioritas dalam penyelesaiannya tahun ini. Salah satunya kami selesaikan dan telah berhasil dilakukan uji pemberian tegangan yaitu SUTT 150 kV Embalut-New Samarinda,” katanya saat ditemui di PLTGU Tanjung Batu, Tenggarong, Kaltim, pada Rabu (12/8/2020).

Pembangunan SUTT 150 kV erat hubungannya dengan pengadaan tanah, Fuad menjelaskan bahwa secara keseluruhan proyek prioritas tersebut sudah mencapai 80 persen dalam hal pengadaan lahan, sehingga progres konstruksi pun dapat segera dipacu.

Tantangan lainnya juga datang dari pandemi covid-19 yang sedang melanda secara ekonomi dan sosial saat ini, tetapi dengan kerja keras dan semangat bersama PLN yang didukung oleh Stakeholder dan seluruh elemen masyarakat, optimis, pembangunan infrastruktur ini dapat terselesaikan.

Hal ini dibuktikan Juli lalu PLN berhasil memberi tenaga pada gardu induk New Samarinda. Penyelesaian infrastruktur tersebut guna meningkatkan kehandalan sistem Interkoneksi Mahakam.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh stakeholder PLN dan seluruh masyarakat yang membantu kami dalam membangun kelistrikan di Kaltim. Kami mohon dukungannya selalu,” kata Fuad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper