Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi Covid-19, 120.000 Mitra Merchant Gabung Gojek

Gojek mencatatkan 120.000 mitra merchant yang bergabung dalam 4 bulan pandemi Covid-19 dari total 500.000 mitra dengan sebagian besar merupakan UMKM.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  16:14 WIB
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Gojek Indonesia mengalami kenaikan mitra merchant hingga 120.000 usaha dalam 4 bulan masa pandemi Covid-19. Ini diklaim sebagai keberhasilan Gojek memberikan solusi dari hulu hingga hilir dalam ekosistemnya bagi pengusaha.

Co-CEO Gojek Indonesia Andre Sulistyo mengatakan sebelum pandemi, pihaknya sudah bekerja sama dengan lebih dari 500.000 mitra merchant yang 95 persen diantaranya merupakan UMKM.

"Ada sekitar 120.000 mitra baru terdaftar dalam 4 bulan ini, kami dapat mitra baru UMKM mendaftar di ekosistem Gojek. Ini dapat mengakselerasi digitalisasi UMKM, sangat penting sekali bantu bertumbuh kembali UMKM di masa pandemi ini," jelasnya dalam konferensi pers virtual, Senin (10/8/2020).

Kendati terdapat pertumbuhan, dia mengakui beberapa mitra merchant harus tutup atau berhenti sebentar karena turut terdampak Covid-19 yang membuat perekonomian turut melambat. Namun, dia tetap percaya, mitranya akan terus meningkat dan UMKM Indonesia tetap bertumbuh.

Mengutip riset terbaru dari LD FEB UI, Andre menuturkan sekitar 94 persen UMKM yang sudah bergabung saat pandemi berskala mikro dan 43 persen merupakan pengusaha pemula.

"Ada juga mitra yang bergeser dari tradisional ke digital, ada juga pengusaha baru yang go digital, platform Gojek memudahkan membuat usaha baru. Ada harapan semangat pengusaha baru," katanya.

Dia menekankan pihaknya terus membantu UMKM dapat melaju, sehingga terdapat hentakan akselerasi dari ekosistem yang dimilikinya. Alhasil, pertumbuhan UMKM dapat terus terjadi.

"Semua perangkat kami membantu UMKM, itu bisa bantu UMKM melaju lebih cepat lebih akseleratif. Gojek membantu administrasi, pengiriman, pembayaran, pemesanan, dan pemasaran melalui ekosistemnya," paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm Gojek
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top