Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov DKI Siap Bikin Gojek Grab 'Merger'

Pemprov DKI Jakarta sedang menyiapkan aplikasi super untuk mengintegrasikan transportasi online, termasuk Gojek dan Grab ke dalam sistem angkutan publik.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  14:01 WIB
Warga mengorder ojek online di Jakarta. - Bisnis/Abdurahman
Warga mengorder ojek online di Jakarta. - Bisnis/Abdurahman

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menyiapkan aplikasi super atau super apps yang akan mengintegrasikan aktivitas transportasi di wilayahnya, termasuk 'merger' Gojek dan Grab dalam satu wadah.

Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya tengah berupaya mengoptimalkan pengguna angkutan umum dalam sistem transportasi dan transportasi online (daring) ada di dalamnya.

"Perspektif Dinas Perhubungan, selain mendorong transportasi terintegrasi, kami juga mendudukan angkutan daring jadi dalam rancangan ke depan. Ada super apps, ada Gojek dan Grab [di dalamnya], prinsip besarnya memfokuskan push and pull strategies," paparnya dalam diskusi virtual, Rabu (7/8/2020).

Dia menegaskan super apps ini termasuk dalam kerangka Jak Lingko secara keseluruhan. Pemprov DKI ingin mengkombinasikan kebijakan mendorong penggunaan (push) dan menarik penggunaan (pull) angkutan umum.

Kebijakan push seperti kebijakan ganjil genap, jalan berbayar (ERP) dan manajemen parkir berbiaya tinggi. Adapun kebijakan pull termasuk didalamnya integrasi angkutan massal dan super apps.

"Warga punya pilihan sebelum berangkat, mereka akan lihat Super Apps tadi, kendaraan pribadi berapa biaya yang dikeluarkan. Dengan adanya informasi sistem, jika kombinasi angkutan umum massal dan daring berapa biaya mereka," tuturnya.

Dengan begitu, lanjutnya, masyarakat dapat melakukan perencanaan yang baik dari sisi keuangan per bulan guna menekan biaya transportasi yang tinggi.

"Kami kembangkan, angkutan ini diintegrasikan, sarana prasarana maupun sistem operasionalnya, termasuk integrasi tarif atau tarif bundling," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi Pemprov DKI Gojek grab indonesia
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top