Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Selain Sidan, Bendungan Lain Akan Dibangun di Bali

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menginstruksikan agar pembangunan Bendungan Sidan terus dilaksanakan sesuai target rencana selesai pada tahun depan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  18:26 WIB
Pembangunan proyek Bendunagn Sidan di Badung, Bali. - Istimewa/Kementerian PUPR
Pembangunan proyek Bendunagn Sidan di Badung, Bali. - Istimewa/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tengah membangun Bendungan Sidan di Kabupaten Badung, untuk mendukung ketersediaan air baku di Provinsi Bali yang menjadi destinasi wisata dunia.

Pembangunan Bendungan Sidan merupakan salah satu dari 65 bendungan yang menjadi proyek strategis nasional.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menginstruksikan agar pembangunan Bendungan Sidan terus dilaksanakan sesuai target rencana selesai pada tahun depan.

"Saya tinjau progresnya sekitar 18 persen, minus empat persen karena ada masalah teknis bidang gelincir yang menimbulkan potensi longsor, tetapi itu pasti bisa diatasi dengan teknologi yang ada," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (7/8/2020).

Menurut Basuki, untuk mengatasi permasalahan teknis tersebut, saat ini dibahas metodologi terbaik untuk penanganan potensi longsor tersebut.

"Saya sudah telepon Direktur Jenderal Sumber Daya Air untuk segera diputuskan metodologi penanganan yang tepat. Mudah-mudahan minggu depan sudah ada keputusan sehingga progres minus masih bisa kita kejar."

Dengan kapasitas 3,8 juta meter kubik, Bendungan Sidan akan menjadi sumber air baku bagi kebutuhan domestik dan pariwisata.

"Dalam proyeksi kami, in ipun masih kurang untuk memenuhi kebutuhan air baku Bali ke depan sehingga kita rencanakan untuk membangun beberapa bendungan lagi, termasuk Bendungan Tamblang di Kabupaten Buleleng yang saat ini juga sedang dikerjakan," kata Menteri Basuki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali bendungan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top