Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terdampak Pandemi, 80 Persen Anggota Inkindo Kesulitan Keuangan

Data terkait dampak pandemi kepada perusahaan konsultan ini, didapatkan dari survei internal yang dilakukan pada periode pertengahan Juni—Juli 2020.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  15:09 WIB
Ikatan Nasional Konsultan Indonesia
Ikatan Nasional Konsultan Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA — Ikatan Nasional Konsultan Indonesia menyatakan bahwa sebanyak 80 persen perusahaan konsultan yang tergabung dalam organisasi tersebut terkena dampak pandemi Covid-19.

Ketua Umum DPN Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Peter Frans menjelaskan bahwa data terkait dampak pandemi kepada perusahaan konsultan ini, didapatkan dari survei internal yang dilakukan pada periode pertengahan Juni—Juli lalu.

"Kami baru menyelesaikan program survei untuk mengetahui dampak pandemi terhadap perusahaan konsultan, yang kami lakukan di 34 provinsi di Indonesia. Salah satu hasilnya yaitu 80 persen perusahaan konsultan menyatakan mengalami masalah modal dan keuangan," ujarnya dalam konpers daring, Rabu (5/8/2020).

Peter menyatakan bahwa dari total sekitar 6.400 perusahaan anggota Inkindo, sebanyak 1.461 perusahaan ikut serta dalam survei ini sehingga hasilnya dinilai benar-benar menggambarkan kondisi yang dialami perusahaan konsultan.

Salah satu tujuan dilakukannya survei ini juga sebagai salah satu sumber data resmi dan valid sehingga diharapkan langkah antisipasi yang akan diambil juga menjadi lebih efektif.

Inkindo akan mengirimkan hasil survei terkait kondisi anggota perusahaan konsultan ini kepada pemerintah, mulai dari Presiden, beserta jajaran terkait.

"Survei ini menggambarkan kondisi konsultan yang benar-benar dari lapangan, di mana kami akan kirimkan hasilnya berbentuk surat kepada Presiden, dan kementerian serta pihak terkait," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

INKINDO
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top