Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terdampak Pandemi, 80 Persen Anggota Inkindo Kesulitan Keuangan

Data terkait dampak pandemi kepada perusahaan konsultan ini, didapatkan dari survei internal yang dilakukan pada periode pertengahan Juni—Juli 2020.
Ikatan Nasional Konsultan Indonesia
Ikatan Nasional Konsultan Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA — Ikatan Nasional Konsultan Indonesia menyatakan bahwa sebanyak 80 persen perusahaan konsultan yang tergabung dalam organisasi tersebut terkena dampak pandemi Covid-19.

Ketua Umum DPN Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Peter Frans menjelaskan bahwa data terkait dampak pandemi kepada perusahaan konsultan ini, didapatkan dari survei internal yang dilakukan pada periode pertengahan Juni—Juli lalu.

"Kami baru menyelesaikan program survei untuk mengetahui dampak pandemi terhadap perusahaan konsultan, yang kami lakukan di 34 provinsi di Indonesia. Salah satu hasilnya yaitu 80 persen perusahaan konsultan menyatakan mengalami masalah modal dan keuangan," ujarnya dalam konpers daring, Rabu (5/8/2020).

Peter menyatakan bahwa dari total sekitar 6.400 perusahaan anggota Inkindo, sebanyak 1.461 perusahaan ikut serta dalam survei ini sehingga hasilnya dinilai benar-benar menggambarkan kondisi yang dialami perusahaan konsultan.

Salah satu tujuan dilakukannya survei ini juga sebagai salah satu sumber data resmi dan valid sehingga diharapkan langkah antisipasi yang akan diambil juga menjadi lebih efektif.

Inkindo akan mengirimkan hasil survei terkait kondisi anggota perusahaan konsultan ini kepada pemerintah, mulai dari Presiden, beserta jajaran terkait.

"Survei ini menggambarkan kondisi konsultan yang benar-benar dari lapangan, di mana kami akan kirimkan hasilnya berbentuk surat kepada Presiden, dan kementerian serta pihak terkait," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Zufrizal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper