Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Larangan Terbang ke Kamboja, INACA Buka Suara

INACA menilai larangan terbang ke Kamboja merupakan kewenangan mutlak dari pemerintah untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 terhadap warganya.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  15:00 WIB
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Larangan terbang dari Pemerintah Kamboja terhadap Indonesia dinilai menjadi tanggung jawab pemerintah agar dapat segera mengendalikan Covid-19 di dalam negeri, sehingga tidak terjadi larangan lebih lanjut.

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) atau Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia Denon B. Prawiraatmadja menilai larangan terbang ini merupakan kewenangan masing-masing negara.

"Namun, kalau untuk berlanjut atau tidaknya [larangan terbang ini] tentu bergantung kepada bagaimana pengendalian Covid di negara asal keberangkatan [seperti Indonesia]," jelasnya kepada Bisnis.com, Selasa (28/7/2020).

Menurutnya, menjadi tanggung jawab negara asal keberangkatan yang dilarang seperti Indonesia dan Malaysia agar pelarangan tersebut tidak berkelanjutan dan dicabut.

Di sisi lain, menekan angka penyebaran Covid-19 di dalam negeri menjadi salah satu fokus utama agar pelarangan terbang yang diterapkan Kamboja tidak berlanjut ke negara-negara tujuan penerbangan Indonesia.

Sementara, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyatakan Kemenhub menghormati keputusan negara Kamboja karena Indonesia pun punya semangat yang sama guna mencegah meluasnya Covid-19.

Namun, dia juga menegaskan Indonesia tidak memiliki penerbangan langsung dari Jakarta menuju Phnom Penh atau Indonesia ke Kamboja, selalu ada transit bagi penumpang yang menuju Kamboja, seperti rute Indonesia-Malaysia-Kamboja.

"Perlu ketahui tidak ada maskapai Indonesia yang berjadwal yang terbang ke Kamboja yang ada adalah maskapai Kamboja repatriasi warga negara China via negaranya," paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maskapai penerbangan inaca
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top