Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertamina Uji Coba Produksi Green Avtur di Kilang Cilacap

Pertamina akan melakukan uji coba produksi green avtur yang pertama dengan co-processing injeksi 3 persen CPO.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Juli 2020  |  10:07 WIB
Pekerja berpatroli dengan mengendarai sepeda di area Kilang RU IV Lomanis, Cilacap, Jateng, Selasa (21/2). - Antara/Idhad Zakaria
Pekerja berpatroli dengan mengendarai sepeda di area Kilang RU IV Lomanis, Cilacap, Jateng, Selasa (21/2). - Antara/Idhad Zakaria

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina menyiapkan Kilang Cilacap untuk uji coba produksi green avtur yang ditargetkan pada akhir tahun ini.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan bahwa pada akhir 2020, perusahaan akan melakukan uji coba produksi green avtur yang pertama dengan co-processing injeksi 3 persen minyak kelapa sawit atau CPO yang telah diproses lebih lanjut sehingga hilang getah, impurities, dan baunya (refined, bleached and deodorized palm oil/RBDPO) di fasilitas Kilang Cilacap.

Menurutnya, uji coba green avtur ini merupakan bagian dari roadmap pengembangan biorefinery Pertamina dalam rangka mewujudkan green energy di Indonesia.

“Selain Kilang Dumai yang sudah berhasil mengolah 100 persen minyak sawit menjadi green diesel D100, Pertamina juga akan membangun dua standalone biorefinery lainnya yaitu di Cilacap dan Plaju,” ujar Nicke melalui siaran pers, Kamis (23/7/2020).

Standalone biorefinery di Cilacap nantinya dapat memproduksi energi hijau (green energy) berkapasitas 6.000 barel per hari, sedangkan di Plaju dengan kapasitas 20.000 barel per hari.

Kedua standalone biorefinery ini kelak mampu memproduksi green diesel maupun green avtur dengan berbahan baku 100 persen minyak nabati.

Dia menjelaskan bahwa Pertamina terus melangkah sejalan dengan tren penyediaan energi dunia dengan mengupayakan hadirnya energi hijau.

“Pertamina juga telah melakukan uji coba green gasoline. Beberapa perusahaan dunia sudah dapat mengolah minyak sawit menjadi green diesel dan green avtur, tetapi untuk green gasoline Pertamina merupakan yang pertama di dunia,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina BBM Kilang Cilacap

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top