Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelindo IV Buka Waroeng Akhlak, Bayarnya Serba Digital

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) membuka Waroeng Akhlak yang berbasis sistem pembayaran digital untuk mengajarkan para pegawai untuk selalu jujur.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  16:41 WIB
Aktivitas bongkar muat petikemas di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan yang masuk dalam area kerja Pelindo IV, Selasa (1/1/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Aktivitas bongkar muat petikemas di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan yang masuk dalam area kerja Pelindo IV, Selasa (1/1/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) membuka Waroeng Akhlak yang berbasis sistem pembayaran digital atau uang elektronik untuk menindaklanjuti sosialisasi dan internalisasi core value AKHLAK di lingkup BUMN.

Direktur Utama Pelindo IV Prasetyadi mengatakan penerapan Waroeng Akhlak ini sebagai salah satu bentuk aplikatif implementasi AKHLAK, khususnya berkaitan dengan nilai kejujuran yang merupakan perwujudan dari kata Amanah.

"Waroeng Akhlak ini tidak memiliki kasir, sehingga pelanggan yang telah melakukan pembelian atau transaksi hanya akan membayar secara virtual melalui aplikasi uang elektronik LinkAja dan QRIS [Bank Mandiri], sesuai dengan harga barang yang sudah diambil," kata Prasetyadi, Rabu (22/7/2020).

Dia menuturkan cara berbelanja ini diklaim akan mengajarkan para pegawai Pelindo IV untuk selalu jujur dan menjadi teladan bagi pegawai lainnya.

Pihaknya menuturkan langkah ini dilakukan sebagai bagian dari rangkaian proses penetapan semangat baru Kementerian BUMN, dalam menghadapi tantangan di masa depan pada era kenormalan baru untuk terus bekerja keras meningkatkan nilai ekonomi dan sosial demi kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Sebelum penerapan Waroeng Akhlak di lingkup Pelindo IV, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi secara virtual oleh Komisaris Utama Pelindo IV, Fachry Ali kepada seluruh jajaran Direksi Pelindo IV, General Manager (GM) Cabang, Direksi Anak Perusahaan Pelindo IV Group, seluruh pejabat kantor pusat dan karyawan Pelindo IV.

Prasetyadi menuturkan nilai yang terkandung dalam kata AKHLAK itu, adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif adalah panduan perilaku bagi seluruh BUMN yang merupakan nilai-nilai dasar yang harus diterapkan oleh semua insan BUMN.

Dia menegaskan nilai itu harus menjadi pedoman seluruh insan PT Pelindo IV di manapun berada dan apapun posisinya. Selanjutnya untuk memudahkan seluruh insan Pelindo IV, pihaknya juga telah membuat buku saku yang memuat kata kunci, kalimat afirmasi dan panduan perilaku yang merupakan arah atau kompas dari aktivitas kerja sehari-hari yang juga selaras dengan value corporate Pelindo IV yakni Integrity, Synergistic, Professional, Innovative, Satisfied Customer (GREAT).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iv

Sumber : Antara

Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top