Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Persiapan Reaktivasi Pariwisata Sejumlah Daerah Diapresiasi

Persiapan sejumlah daerah untuk membangkitkan kembali pariwisata mengunjdang apresiasi pemerintah pusat.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  22:57 WIB
Danau Toba dilihat dari Bukit Simarjarunjung di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara./Bisnis - Nancy Junita br Nainggolan
Danau Toba dilihat dari Bukit Simarjarunjung di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara./Bisnis - Nancy Junita br Nainggolan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengapreasiasi beberapa daerah yang sudah melakukan persiapan reaktivasi pariwisata dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19.

Wishnutama menyebutkan beberapa daerah sudah kami lihat sudah melakukan persiapan pelaksanaan protokol kesehatan dengan sangat baik di antaranya Bali, Banyuwangi, Toba (Sumatra Utara), Bintan, Belitung, dan Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur).

Dalam webinar “Reaktivasi Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru” pada Rabu (22/7/20), dia meminta daerah-daerah tersebut agar dalam pelaksanaanya terus disiplin dalam penerapannya karena untuk meraih kepercayaan publik, penerapan protokol kesehatan sangatlah penting.

Webinar yang diikuti sekitar 300 peserta itu bertujuan untuk berbagi strategi dan motivasi bagi daerah untuk kembali membuka sektor pariwisata di masa new normal.

Saat membuka kegiatan webinar, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Panjaitan mengatakan pendapatan sektor pariwisata tahun ini anjlok. Pada Mei 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penurunan jumlah perjalanan wisata turun hampir 100 persen dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

“Saya minta agar semua pihak dapat saling bersinergi untuk memulai mencoba melakukan turis domestik secara bertahap. Ini sangat penting dan tren saat ini juga menunjukkan wisatawan domestik juga akan melakukan kunjungan ke daerah penyangga yang memiliki alam yang indah dan bersih,” ungkap Luhut.

Dalam kesempatan beberapa waktu lalu Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengemukakan Babel siap membuka sektor pariwisata di masa new normal dengan penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

Apalagi, sebagaimana dilansir dari laman resmi Pemprov Babel, daerah itu menjadi provinsi terbaik kedua dalam hal penanganan Covid-19. Pemprov Babel sudah melakukan serangkaian kebijakan untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top