Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pembahasan DIM RUU Ciptaker, Fraksi-Fraksi Permudah Sektor UMKM

Hampir semua fraksi sepakat untuk memberikan kemudahan bagi usaha sektor UMKM.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  16:09 WIB
Ilustrasi-DIY Cookie Kit produksi UMKM - Istimewa
Ilustrasi-DIY Cookie Kit produksi UMKM - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Hampir semua fraksi di DPR sepakat mempermudah izin usaha kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam pembahasan daftar inventarisir masalah Rancangan Undang-undang Cipta Kerja.

Demikian dikemukakan Ketua Badan Legislasi DPR Supratman Andi Agtas saat menggelar rapat Panitia Kerja di tengah Reses Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2019-2020 hari ini, Rabu (22/7/2020).

Menurut Supratman rapat lanjutan pembahasan DIM RUU Ciptaker kali ini bertujuan meminta masukan dari para ahli dan persetujuan usulan dari fraksi-fraksi.

“Khusus untuk pembahasan RUU Cipta Kerja kita lanjutkan di masa reses ini dengan meminta masukan dari ahlinya langsung dan persetujuan serta usulan dari fraksi-fraksi yang ada di DPR,” kata Supratman.

Supratman mengatakan pembahasan DIM RUU Cipta Kerja sudah menginjak klaster kemudahan dalam berusaha.

Menurutnya, dinamika pembahasan berjalan baik. Hampir semua fraksi sepakat agar RUU tersebut memberi kemudahan di sektor UMKM.

“Pembahasan RUU ini sudah sampai kemudahan dalam berusaha. Sejauh ini pembahasan berjalan baik. Hampir semua fraksi sepakat agar RUU memberi kemudahan usaha mikro,” kata politisi Fraksi Partai Gerindra tersebut.

Kemudahan, norma berusaha dalam RUU Omnibus Law itu diatur menjadi berbasis risiko, yakni usaha risiko rendah, sedang, dan tinggi.

Menurut Supratman sektor usaha risiko rendah tidak memerlukan izin, melainkan cukup registrasi. Adapun usaha risiko sedang akan diatur agar memenuhi standar.

“Sedangkan kalau dia jenis usahanya berisiko tinggi maka perlu izin di dalamnya mencangkup analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal)," ujar legislator asal daerah pemilihan Sulawesi Tengah itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr umkm cipta kerja
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top