Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Geser Achmad Yurianto, Menko Perekonomian Pilih Profesor Wiku Jadi Jubir Covid-19

Pengumuman soal pergantian juru bicara penanganan Covid-19 ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang kini juga bertugas sebagai Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan PEN.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  16:14 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers update Covid-19 di Jakarta, Selasa (21/7 - 2020) / Youtube Setpres
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers update Covid-19 di Jakarta, Selasa (21/7 - 2020) / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Sehari setelah resmi dibentuk, Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mulai melaksanakan tugasnya.

Terbukti, komite tersebut mengganti posisi juru bicara penanganan Covid-19 dari Achmad Yurianto ke Wiku Adisasmito.

Pengumuman soal pergantian juru bicara penanganan Covid-19 ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga sebagai Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan PEN.

"Ada tambahan bahwa juru bicara pemerintah adalah Prof Wiku Adisasmito dan Budi Gunadi Sadikin untuk satgas ekonomi," kata Airlangga di akhir keterangan resminya, Selasa (21/7/2020).

Dikutip dari laman resmi Universitas Indonesia, Wiku Adisasmito lahir di Malang, 20 Februari 1964, menamatkan pendidikannya dari IPB Bogor tahun 1988 sebagai Dokter Hewan. Dia meraih Master of Science (MSc.) dari Colorado State University (CSU) pada tahun 1990 dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) pada tahun 1995.

Wiku dikenal sebagai guru besar yang mendalami kebijakan kesehatan di bidang sistem kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi ini berkiprah aktif dalam jejaring Tri Dharma di tingkat internasional dan nasional.

Dia adalah seorang staf pengajar di Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia untuk beberapa mata kuliah sarjana dan pascasarjana terkait analisis dan pembuatan kebijakan kesehatan.

Saat ini, Wiku merupakan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTTPC19).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Achmad Yurianto
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top