Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Duh! Sepi Penumpang, Tiga Relasi KA Argo Parahyangan Ditiadakan

KAI memutuskan untuk meniadakan sebanyak tiga relasi KA Argo Parahyangan karena sepi penumpang sejak beroperasi pada 10 Juli 2020.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  18:42 WIB
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memutuskan untuk meniadakan sebanyak tiga perjalanan KA Argo Parahyangan setelah sebelumnya sempat beroperasi sejak 10 Juli 2020.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan sejak Jumat (17/7/2020) lalu tiga KA Argo Parahyangan tidak beroperasi. Sebelumnya terdapat tiga KA Argo Parahyangan relasi Stasiun Bandung-Gambir yang mulai dibuka setiap Jumat, Sabtu, Minggu. Kemudian mulai diperpanjang hingga Senin.

"Namun setelah melalui evaluasi per pekannya, operasional KA tersebut dibatalkan. Kebijakan ini diambil karena okupansi penumpang yang masih rendah,” jelasnya, Senin (20/7/2020).

Dia menambahkan bagi masyarakat yang membutuhkan perjalanan menuju Jakarta, KA Daop 2 masih mengoperasikan dua perjalanan kereta api yaitu KA Turangga dan KA Serayu Pagi. KA Turangga relasi Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir memiliki jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandung pukul 06.05 WIB, berjalan setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Selanjutnya, KA 321 Serayu Pagi relasi Purwokerto - Kiaracondong - Pasar Senen keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong pukul 14.06 WIB, berjalan setiap hari.

Secara umum, setiap pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius, wajib menggunakan masker, menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan.

Pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan mengenakan face shield yang disediakan oleh KAI selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Adapun, untuk pelanggan dengan usia di bawah 3 tahun agar menyediakan sendiri face shield pribadi.

Protokol tersebut harus dipatuhi mulai dari keberangkatan, selama di dalam perjalanan, dan sampai di stasiun tujuan. Tujuannya agar kereta api menjadi moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai kereta api
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top