Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dua Proyek Bendungan PTPP Rampung Akhir Tahun Ini

Dua proyek bendungan yang dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan Tbk. (PTPP) itu ada di wilayah Lampung dan Jawa Barat.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 17 Juli 2020  |  17:18 WIB
Lokasi proyek Bendungan Way Sekampung. - Bisnis
Lokasi proyek Bendungan Way Sekampung. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk menyatakan bahwa ada dua proyek bendungan yang saat ini tengah dikerjakan perseroan dan bakal rampung pada akhir tahun ini.

Sekretaris Perusahaan PT Pembangunan Perumahan Tbk. (PTPP) Yuyus Juarsa menjelaskan bahwa dua proyek itu ada di wilayah Lampung dan Jawa Barat.

"Untuk akhir tahun ini proyek bendungan yang akan selesai pembangunannya yaitu Bendungan Way Sekampung Paket 1 dengan target selesai akhir Desember 2020 dan Floodway Cisangkuy II dengan target selesai akhir Desember 2020 juga," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (17/7/2020).

Bendungan Way Sekampung ini memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik air ini akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi di Sekampung seluas 55.373 hektare dan menambah area irigasi di Rumbia Extension seluas 17.334 hektare.

Selain itu, bendungan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedia air baku untuk Kota Bandar Lampung, Kota Metro, dan Kabupaten Lampung Selatan sebesar 2.480 liter per detik, potensi tenaga listrik sebesar 5,4 megawatt, mereduksi banjir sebesar 185 meter kubik per detik, dan menjadi objek wisata di Kabupaten Pringsewu.

Bendungan Way Sekampung dibangun dengan biaya Rp1,7 triliun dan terbagi menjadi dua paket. Perinciannya, paket satu dikerjakan oleh kontraktor PTPP dan PT Ashfri (kerja sama operasi/KSO) serta paket dua oleh PT Waskita Karya Tbk. dan PT Adhi Karya Tbk. (KSO). Kemudian, masih terdapat dua paket lanjutan yakni salah satunya pembangunan kolam olak dan jembatan.

Sementara itu, floodway atau sodetan Cisangkuy, Kabupaten Bandung, dibangun Kemen PUPR dengan tujuan sebagai rangkaian proyek pengendali banjir di wilayah Bandung Raya.

Proyek sodetan ini memiliki panjang total 1,7 kilometer. Tujuannya, untuk mengurangi beban tampung Sungai Citarum serta menangkal banjir di wilayah Kamasan dan Banjaran, Kabupaten Bandung.

Desain sodetan Cisangkuy bisa menampung 225 meter kubik air per detik. Nantinya air Sungai Citarum akan dialirkan minimal 220 meter kubik per detik sehingga yang lewat Cisangkuy hanya sedikit, jadi mengurangi beban Citarum di Dayeuhkolot.

Adapun, sampai dengan Juni tahun ini, PTPP sedang mengerjakan 14 proyek bendungan yang berlokasi di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ptpp bendungan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top