Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kinerja Anggaran Negara Paruh Kedua Diprediksi Membaik

Perubahan postur APBN kedua lewat Perpres 72/2020 memberi harapan dan program PEN yang sudah mulai berjalan juga membawa dampak positif.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 15 Juli 2020  |  20:15 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan pemaparan saat konferensi pers APBN KiTa (Kinerja dan Fakta) di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (21/6/2019). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan pemaparan saat konferensi pers APBN KiTa (Kinerja dan Fakta) di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (21/6/2019). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja anggaran selama semester II/2020 diproyeksikan berangsur membaik seiring dengan peningkatan aktivitas ekonomi yang terjadi dalam kurun waktu tersebut.

Dikutip dari @KemenkeuRI, semester II diprediksi jadi lebih baik. Perubahan postur APBN kedua lewat Perpres 72/2020 memberi harapan dan program PEN yang sudah mulai berjalan juga membawa dampak positif.

"Stabilitas ekonomi makro diperkirakan terjaga dan perekonomian Indonesia diproyeksi membaik. Ini bisa dilihat dari proyeksi pertumbuhan ekonomi yang tumbuh positif, inflasi yang naik, dan rupiah yang menguat," tulis @KemenkeuRI sebagaimana dikutip, Rabu (15/7/2020).

Dari sisi pengelolaan anggaran, pada semester II, penerimaan pajak bisa dioptimalkan sejalan dengan aktivitas usaha di era new normal dan pemanfaatan insentif fiskal. Perluasan basis pajak juga diupayakan dengan pengenaan pajak perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE).

Data Kemenkeu menunjukkan bahwa proyeksi penerimaan pajak pada semester II/2020 diperkirakan mencapai Rp667,1 triliun. Penerimaan dari kepabeanan dan cukai diperkirakan senilai Rp112,5 triliun pada semester II.

Sementara penerimaan negara bukan pajak atau PNBP, pemerintah memproyeksikan selama semester II/2020 realisasinya akan mencapai Rp109,6 triliun.

Adapun seiring dengan percepatan pelaksanaan program penanganan Covid-19 & PEN, belanja negara pada semester II tentu akan jadi lebih baik. Hasil refocusing anggaran mulai terlihat, monitoring, dan evaluasi juga diperkuat.

Outlook belanja pemerintah pusat selama semester II/2020 diperkirakan mencapai Rp668,5 triliun.

"Laporan Semester I & Prognosis Semester II APBN 2020 ini bukan hanya perkiraan Pemerintah, tetapi juga sudah dibahas & disahkan DPR," tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn ekonomi kemenkeu
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top