Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

RS Mata SMEC Hadirkan Layanan Virtual

Pusat pelayanan kesehatan mata, RS Mata SMEC telah menyediakan layanan terbaru yang diberi nama SMEC Virtual Care, sebuah layanan untuk memberikan konsultasi kesehatan mata melalui medium digital atau secara daring. Dalam bidang kesehatan mata, istilah digitalisasi ini popular disebut tele-medicine atau tele-oftalmologi.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  20:53 WIB
Layanan daring RS Mata SMEC. - Istimewa
Layanan daring RS Mata SMEC. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - RS Mata SMEC meluncurkan SMEC Virtual Care, sebuah layanan untuk memberikan konsultasi kesehatan mata melalui medium digital atau secara daring. Dalam bidang kesehatan mata, istilah digitalisasi ini popular disebut tele-medicine atau tele-oftalmologi.

Masyarakat yang mempunyai keluhan kesehatan mata ringan kini tak perlu lagi datang ke rumah sakit atau klinik. Lewat SMEC Virtual Care tele-oftalmologi, konsultasi dapat dilakukan secara daring dari manapun melalui situs rsmatasmec.com/virtualcare dengan biaya Rp25.000.

CEO dari SMEC Group Imsyah Satari menyatakan SMEC Virtual Care adalah suatu layanan berbasis virtual untuk mengefektifkan pengeluaran dana pasien terhadap pemeriksaan kesehatan mata.

“Dalam proses konsultasi masalah mata, pemeriksaan yang tepat dan efektif dilakukan secara tatap muka dengan alat khusus di rumah sakit atau klinik mata. Namun untuk menjawab kebutuhan pasien yang tidak dapat pergi ke rumah sakit atau klinik mata, SMEC Virtual Care menyederhanakan pemeriksaan mata secara jarak jauh dengan bantuan teknologi telekomunikasi,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (25/6/2020).

SMEC Virtual Care sangat menjunjung tinggi keamanan dan kerahasiaan data pasien sesuai dengan etika kedokteran. Layanan ini telah terintegrasi dengan data rekam medis pasien RS Mata SMEC. Dengan data yang ada, dokter RS Mata SMEC dapat memberikan arahan yang lebih mendalam dan menyeluruh berdasarkan riwayat medis pasien.

“Saat ini sudah lumrah bahkan sifatnya wajib untuk rumah sakit dan klinik mata beradaptasi terhadap perubahan zaman. Utamanya dalam masa sulit seperti wabah virus corona baru ini yang mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah,” kata Imsyah.

Dia melanjutkan, kalau pasien sudah menggunakan SMEC Virtual Care tetapi keluhan matanya tidak terjawab dan butuh tahap lain, pihaknya akan merujuknya ke layanan lanjutan yang tersedia di seluruh cabang rumah sakit dan klinik. Bahkan ketika penyakit matanya sudah serius, pihaknya akan jemput di rumah.

Teknologi informasi dipercaya akan mengubah etos pelayanan kesehatan secara menyeluruh di masa depan. SMEC Virtual Care diproyeksikan sebagai lini pelayanan baru dari RS Mata SMEC yang diharapkan dapat menjadi solusi praktis dan terjangkau untuk menjawab kebutuhan kesehatan mata, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Upaya dilakukan serta merta untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, RS Mata SMEC menyediakan layanan yang bisa diakses di rumah saja, di mana saja, kapan saja melalui cek mata SMEC Virtual Care, dan ini merupakan bentuk kepedulian RS Mata SMEC terhadap kebijakan pemerintah dalam pembatasan sosial berskala besar.”

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona kesehatan mata
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top