Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 4 Fokus Pembangunan PUPR Tahun Depan

Rencana kerja pemerintah dan indikasi anggaran tahun anggaran 2021 memiliki kebijakan dengan tema mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 24 Juni 2020  |  13:41 WIB
Penduduk Papua Nugini melintas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw, Jayapura, Papua, Selasa (14/11). - JIBI/Nurul Hidayat
Penduduk Papua Nugini melintas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw, Jayapura, Papua, Selasa (14/11). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengungkapkan terdapat empat fokus pembangunan pada 2021.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa untuk rencana kerja pemerintah dan indikasi anggaran tahun anggaran 2021 memiliki kebijakan dengan tema mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial.

"Fokus pembangunannya ada empat, pemulihan industri pariwisata dan investasi, reformasi sistem kesehatan nasional, reformasi sistem jaringan pengaman nasional, dan reformasi sistem ketahanan bencana," jelas Basuki dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI pada Rabu (24/6/2020).

Lebih lanjut, jelasnya, terdapat beberapa agenda pembangunan prioritas nasional yaitu, pertama, ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan. 

Kedua, pengembangan wilayah untuk mengrurangi kesenjangan. 

Ketiga, sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing. 

Keempat, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. 

Kelima, infrastruktur untuk ekonomi dan pelayanan dasar.

Keenam, lingkungan hidup, ketahanan bencana dan perubahan iklim.

Ketujuh, stabilitas polhukam dan transformasi pelayanan publik.

"Dari tujuh prioritas, enam terkait dengan agenda pembangunan di Kementerian PUPR, yaitu agenda pembangunan prioritas 1, 2, 3, 5, 6, dan 7," katanya

Basuki mencontohkan untuk agenda pembangunan prioritas nasional tujuh yaitu Kementerian PUPR membangun perbatasan dan pos lintas batas negara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anggaran Kementerian PUPR
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top