Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penggunaan BBM Oktan Tinggi Perlu Konsistensi dari Pemerintah

Pemerintah perlu lebih tegas dalam menerapkan kebijakan penggunaan bahan bakar minyak dalam kualitas tinggi, demi mendukung lingkungan yang bersih.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 12 Juni 2020  |  20:23 WIB
Petugas melakukan pengisian BBM di salah satu SPBU milik Pertamina di Sumsel. istimewa
Petugas melakukan pengisian BBM di salah satu SPBU milik Pertamina di Sumsel. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Penerapan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan kadar oktan tinggi memelukan dukungan dari konsistensi keijakan dari pemerintah.

 Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) berpendapat bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya sudah siap untuk menggunakan BBM di atas Ron91. Di sisi lain, peggunaan BBM kualitas tinggi tersebut akan membuat kualitas lingkungan lebih baik.

Namun, adanya inkonsisten dari pemerintah, membuat masyarakat kembali menggunakan bahan bakar dengan kualitas rendah yakni Ron88.

"Sebenarnya 2018 premium sempat hilang di Jakarta, tetapi karena pertimbangan politik menjelang Pemilu 2018 menjelang mudik Lebaran premium dijual kembali," katanya dalam webinar Ngoborol Bisnis - Tantangan Polusi Jakarta di Era New Normal pada Jumat (12/6/2020).

Menurut Tulus, Pemerintah Daerah bisa langsung turun tangan untuk mendukung peralihan konsumsi masyarakat ke BBM dengan kualitas yang lebih baik.

Pemerintah daerah bisa mengeluarkan regulasi untuk melarang penjualan BBM dengan jenis Ron88 atau Premium dengan dalil menyelematkan masyarakat dari polusi udara.

Sebagai contoh, pemerintah daerah bisa turun tangan seperti halnya melarang promosi produk rokok di area publik terbuka yang sebetulnya tidak diatur oleh pemerintah pusat.

"Dalam memperlakukan BBM Ron88 butuh konsistensi dari semua pihak. Konsumen sepanjang ada pilihan di pasaran tetap aja karena konsumen kita masih sensitif dengan harga," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BBM kualitas udara Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top