Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengadaan Lahan Proyek Bendungan Katanya Paling Unik, Mengapa?

Tiap-tiap PSN memiliki karakteristik yang berbeda dan keunikan dalam penyediaan lahan infrastruktur sangat bergantung pada pengalaman di lapangan terkait dengan pengadaan lahan.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  21:03 WIB
Bendungan Tapin, salah satu bendungan yang pengerjaannya dilakukan oleh PT Brantas Abipraya (Persero) - Dok. Istimewa
Bendungan Tapin, salah satu bendungan yang pengerjaannya dilakukan oleh PT Brantas Abipraya (Persero) - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pengadaan lahan proyek infrastruktur menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan proyek strategis nasional.

Lantas, infrastruktur apa yang dinilai pengadaan lahannya paling unik menurut Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN)?

Hal tersebut menjadi salah satu pertanyaan dalam acara bincang santai seputar aset negara bersama LMAN secara virtual pada Rabu (4/6/2020).

Ketika menanggapi hal tersebut, Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Qoswara mengatakan bahwa untuk infrastruktur jalan tol dan kereta api relatif bentuknya memanjang untuk lahannya. Namun, untuk bendungan termasuk unik karena letaknya lebih terpencil atau remote.

"Itu, menurut saya, yang lumayan unik karena kalau jalan, [butuh lahan] panjang, [mungkin] motong tempat dan desa, tapi kalau untuk bendungan, bisa jadi satu desa itu ditenggelamkan untuk bendungan, itu uniknya di situ. Saya tidak bisa kebayang seandainya saya warga desa itu, seperti apa, desa ditetapkan penlok [penetapan lokasi] untuk bendungan, jadi cuma setengahnya, itu unik, menurut saya," jelas Qoswara.

Menurutnya, tiap-tiap PSN memiliki karakteristik yang berbeda dan keunikan dalam penyediaan lahan infrastruktur sangat bergantung pada pengalaman di lapangan terkait dengan pengadaan lahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bendungan proyek strategis nasional
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top