Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Garuda Seriusi Bisnis Kargo Digital Lewat KirimAja, Ini Fiturnya

Garuda Indonesia berupaya memperluas bisnisnya dengan menyasar layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital yakni KirimAja
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 02 Juni 2020  |  19:02 WIB
Teknisi beraktivitas di dekat pesawat Boeing 737 Max 8 milik Garuda Indonesia, di Garuda Maintenance Facility AeroAsia, bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (13/3/2019). - Reuters/Willy Kurniawan
Teknisi beraktivitas di dekat pesawat Boeing 737 Max 8 milik Garuda Indonesia, di Garuda Maintenance Facility AeroAsia, bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (13/3/2019). - Reuters/Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Menghadapi fase normal baru, Garuda Indonesia Group melalui lini usaha transportasi dan logistik-PT Aerojasa Cargo meluncurkan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital yakni KirimAja

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan pandemi corona menuntut perusahaan untuk beradaptasi dan mengembangkan kesempatan bisnis pada era kenormalan baru (new normal).

"Salah satunya kami kembangkan melalui bisnis layanan logistik dengan memperkenalkan KirimAja yang merupakan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital," jelasnya, Selasa (2/6/2020).

Layanan pengiriman barang ini ditujukan ke sejumlah destinasi penerbangan yang dilayani oleh seluruh armada Garuda Indonesia dan Citilink. Sementara itu, pengiriman untuk wilayah Jabodetabek dan wilayah antarkota lainnya yang didukung oleh layanan dari Aerojasa Cargo.

Menurutnya perkembangan pesat industri dagang elektronik (dagang-el/e-commerce) di Indonesia serta munculnya tren baru pada era normal, menjadikan sektor layanan logistik memiliki peran penting dalam menjembatani kebutuhan masyarakat akan layanan pengiriman barang secara cepat, tepat, dan efisien.

Maskapai pelat merah tersebut menyasar sektor UMKM yang membutuhkan layanan pengiriman barang secara daring dengan tarif yang kompetitif.

Model bisnisnya, lanjutnya, juga berbasis komunitas sebagai agen pengiriman melalui program Sohib KirimAja yang melayani pengiriman barang sampai dengan alamat tujuan pengiriman.

Saat ini KirimAja dilengkapi fitur yang dapat diakses dengan mudah seperti reservasi, booking management, real time tracking, tracing, pengecekan tarif pengiriman, hingga pembayaran yang dapat dilakukan dengan virtual account, aplikasi pendukung layanan “Kirim Aja” menawarkan konsep layanan “one-stop-service” untuk kebutuhan pengiriman paket ke seluruh Indonesia.

Sejauh ini pengiriman yang dilayani adalah barang umum, mulai dari produk fesyen, barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, makanan kering, hingga produk non-perishable lainnya.

Perusahaan mengatakan nantinya akan dikembangkan kapasitas layanan lainnya, khususnya untuk segmentasi pengiriman makanan dengan durasi pengiriman yang lebih singkat

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Garuda Indonesia logistik ekonomi digital New Normal
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top