Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perhapi Perkirakan PNBP Minerba hanya Rp35 Triliun Tahun Ini

Realisasi PNBP minerba sepanjang tahun lalu mencapai Rp44,93 triliun, melebihi dari yang ditargetkan di 2019 sebesar Rp43,27 triliun.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 29 Mei 2020  |  13:05 WIB
Seorang pekerja berjalan di atas tumpukan batu bara di Indonesia. - Bloomberg/Dadang Tri
Seorang pekerja berjalan di atas tumpukan batu bara di Indonesia. - Bloomberg/Dadang Tri

Bisnis.com, JAKARTA — Penerimaan negara bukan pajak mineral dan batu bara diperkirakan hanya mencapai Rp35 triliun hingga akhir tahun.

Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Rizal Kasli mengatakan bahwa PNBP sektor mineral dan batu bara (Minerba) sepanjang tahun ini akan terkoreksi yang diakibatkan oleh Covid-19.

Adapun, capaian PNBP minerba tahun ini diproyeksikan berkisar di angka Rp35 triliun.

"Iya, perkiraan saya karena pengaruh Covid-19 ini akan turun PNBP-nya menjadi sekitar Rp35 triliun," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (29/5/2020).

Hal ini disebabkan penurunan harga komoditas minerba yang secara umum mengalami koreksi.

The London Metal Exchange (LME) sejauh ini sudah terkoreksi sebesar 19,13% sejak awal 2020.

"Harga komoditas logam seperti nikel, timah, alumunium menurun. Namun, emas masih tetap merupakan komoditas yang masih bagus harganya. Harga batu bara juga diperkirakan rendah sepanjang tahun ini," kata Rizal.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, hingga kini realisasi PNBP mencapai Rp14,24 triliun atau sebesar 39,63 persen dari yang revisi target Rp35,93 triliun.

Target penerimaan PNBP sektor minerba mengalami perubahan atau penurunan menjadi Rp35,93 triliun. Sebelumnya pemerintah menargetkan PNBP sektor minerba tahun ini bisa mencapai Rp44,40 triliun dengan asumsi produksi untuk target PNBP tahun ini sebesar 550 juta ton dan harga batu bara acuan (HBA) US$90 per ton dengan kurs Rp14.400 sesuai kesepakatan Badan Anggaran DPR RI.

Adapun, realisasi PNBP sepanjang tahun lalu mencapai Rp44,93 triliun, melebihi dari yang ditargetkan di 2019 sebesar Rp43,27 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minerba pnbp
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top