Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ada Inovasi Sektor Transportasi saat Normal Baru

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memprediksi situasi normal baru pascapandemi Covid-19 di Indonesia berpotensi memunculkan inovasi di bidang transportasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Mei 2020  |  19:45 WIB
Bus Transjakarta berada di Halte Harmoni, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Bus Transjakarta berada di Halte Harmoni, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memprediksi situasi normal baru pascapandemi Covid-19 di Indonesia berpotensi memunculkan inovasi di bidang transportasi.

"Mungkin nanti ke depan moda transportasinya bukan moda transportasi yang sekarang ada, mungkin akan berubah, misalnya, delivery [pengantaran barang] dengan drone,” kata Kepala BPTJ Polana B. Pramesti, Selasa (19/5/2020).

Dia menambahkan inovasi seperti delivery drone sangat mungkin terjadi mengingat pada saat dirinya menjabat sebagai Dirjen Perhubungan Udara di Kementerian Perhubungan sudah ada beberapa permintaan pengiriman barang melalui teknologi pesawat tanpa awak itu.

Pihaknya menuturkan situasi normal pascapandemi dapat saja melahirkan inovasi-inovasi teknologi yang memungkinkan masyarakat seolah-olah melakukan mobilitas meski saat ini sebagian besar orang bekerja, belajar dan beribadah di rumah mengikuti anjuran pemerintah.

“Akan kemajuan teknologi lain yang ke depannya ada untuk melayani orang-orang yang kerja di rumah atau sekolah dari rumah,” ujarnya.

Polana mengatakan munculnya normal baru setelah Covid-19 juga berdampak pada sisi sanitasi di fasilitas-fasilitas transportasi umum. Baik pengelola maupun masyarakat akan lebih menjaga kebersihan dan kesehatannya jika pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tetap berjalan meski pandemi Covid-19 berakhir.

"Salah satunya adanya sanitize transportasi publik, lalu jaga jarak tetap dijaga," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

organda BPTJ-Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek

Sumber : Antara

Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top