Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

INACA: Pertamina Pastikan Pasokan Avtur Masih Lancar

INACA mengapresiasi upaya PT Pertamina (Persero) dalam menjamin ketersediaan pasokan avtur agar aktivitas penerbangan di dalam negeri tetap lancar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Mei 2020  |  16:11 WIB
Pekerja beraktivitas di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (25/5/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Pekerja beraktivitas di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (25/5/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia National Air Carrier Association (INACA) mengapresiasi upaya PT Pertamina (Persero) dalam menjamin ketersediaan pasokan avtur agar aktivitas penerbangan di dalam negeri tetap lancar.

Ketua Umum INACA Denon B. Prawiraatmadja mengatakan Pertamina tetap menyalurkan avtur kendati permintaan terus merosot. ketersediaan avtur membuat operasional maskapai penerbangan tetap berjalan, termasuk ketika harus membawa tenaga medis dan juga peralatan kesehatan ke berbagai pelosok untuk menangani Covid-19.

"Lancar sekali pasokan avtur. Tidak hanya di bandara-bandara besar, tetapi juga sampai ke Indonesia bagian timur. Ini memperlancar penerbangan, termasuk pengiriman tenaga medis dan alat medis untuk mengatasi Covid-19," kata Denon, Sabtu (16/5/2020).

Dia menambahkan terkait pengiriman tenaga medis dan alat medis, sesuai dengan SE Dirjen Perhubungan Udara No. 32/2020 tentang Petunjuk Operasional Transportasi Udara untuk Pelaksanaan Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Selain itu, juga sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No. 4/2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

Aturan tersebut, lanjutnya, memberikan kriteria pengecualian penerbangan yang boleh dilakukan. Satu di antaranya adalah pengiriman tenaga medis dan alat medis.

Denon menyatakan, tanpa peran Pertamina dalam menyiapkan avtur di seluruh bandara, bisa dipastikan bahwa operasional penerbangan yang sifatnya fluktuatif seperti sekarang tidak bisa berlangsung.

Selain kelancaran dalam penyediaan pasokan di seluruh bandara di Indonesia, lanjut Denon, Pertamina juga banyak memberikan fleksibilitas kepada maskapai seperti sistem tunda bayar, diskon 10 persen yang sebenarnya diberlakukan untuk stimulus tujuan wisata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina inaca

Sumber : Antara

Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top