Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Grab Gandeng BRI Sediakan KUR, Gratis Cicilan 3 Bulan Pertama!

Grab Indonesia dan BRI berkolaborasi untuk meluncurkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mitra dan gratis cicilan 3 bulan pertama khusus untuk mitra pengemudi.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  09:09 WIB
Pengemudi ojek daring menerima bantuan sembako dari Presiden Joko Widodo di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/4/2020). Sebanyak 500 paket sembako dibagikan untuk warga yang terkena dampak ekonomi akibat wabah pandemi virus Corona (COVID-19) di Kota Bogor. ANTARA FOTO - Arif Firmansyah
Pengemudi ojek daring menerima bantuan sembako dari Presiden Joko Widodo di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/4/2020). Sebanyak 500 paket sembako dibagikan untuk warga yang terkena dampak ekonomi akibat wabah pandemi virus Corona (COVID-19) di Kota Bogor. ANTARA FOTO - Arif Firmansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Grab Indonesia dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (Bank BRI) berkolaborasi untuk meluncurkan fasilitas pinjaman bunga ringan untuk mitra pengemudi Grab, mitra merchant GrabFood dan mitra GrabKios.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menyebut pinjaman ini bertujuan untuk meringankan beban finansial dari mitra pengemudi yang terkena dampak selama pandemi Covid-19. Selain itu, Kredit Usaha Rakyat (KUR) akan membantu merchant GrabFood dan mitra GrabKios untuk mendapatkan bantuan finansial yang mereka butuhkan untuk mengatasi tantangan selama pandemi ini.

"Mitra pengemudi bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan pinjaman sampai sebesar Rp5 juta dengan suku bunga yang terjangkau dan masa pinjaman selama 24 bulan. Adapun, untuk membantu melewati pandemi, selama tiga bulan pertama khusus untuk mitra pengemudi Grab dibebaskan untuk membayar cicilan," kata Neneng dalam siaran pers, Kamis (14/5/2020).

Dia menuturkan untuk memudahkan, proses pembayaran pinjaman akan dilakukan harian dengan sistem pemotongan langsung dari dompet digital mitra. Dengan membuka rekening Britama untuk pinjaman mereka, mitra pengemudi juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri sebesar 250 persen nilai saldo atau maksimum perlindungan hingga Rp150 juta.

Pihaknya menjelaskan pada tahap awal, sebanyak 1.000 mitra pengemudi Grab yang berlokasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok Tangerang maupun Bekasi akan dapat mengakses fasilitas pinjaman bunga ringan ini. Selain itu, Grab dan Bank BRI juga bekerja sama untuk menyalurkan KUR bagi mitra merchant GrabFood dan mitra GrabKios produktif yang selama ini belum mendapatkan akses kredit ke bank.

Melalui kolaborasi ini, mitra merchant GrabFood dan mitra GrabKios akan diproses aplikasinya setelah melalui screening awal yang dilakukan oleh Grab berdasarkan data kinerja mereka.

“Kami menyambut positif dukungan dari Bank BRI dalam memberi layanan kredit khusus bagi mitra Grab Indonesia. Kami berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami dalam situasi saat ini," ujarnya.

Sementara itu, Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI memahami pekerja harian dan pelaku UMKM seperti mitra pengemudi Grab adalah salah satu pihak yang terkena imbas dalam kondisi penyebaran wabah seperti sekarang ini. Mayoritas masyarakat harus work from home dan menerapkan physical distancing, sehingga berdampak pada penghasilan mereka.

"Fasilitas pinjaman bunga ringan ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para driver dan pelaku UMKM yang merupakan mitra Grab,” kata Handayani.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri grab indonesia inspirasi wirausaha
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top