Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IMF: Prospek Ekonomi Memburuk Sejak Proyeksi Bulan April

Dana Moneter Internasional mengatakan bahwa prospek ekonomi global telah memburuk sejak perkiraan terbaru tiga pekan lalu.
Kepala Ekonom IMF Gita Gopinath. Bloomberg.
Kepala Ekonom IMF Gita Gopinath. Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA – Dana Moneter Internasional mengatakan bahwa prospek ekonomi global telah memburuk sejak perkiraan terbaru tiga pekan lalu.

Kepala ekonom IMF Gita Gopinath mengatakan kebutuhan pendanaan eksternal negara-negara berkembang diperkirakan melonjak jauh di atas proyeksi IMF sebelumnya sebesar US$2,5 triliun yang sebelumnya diproyeksikan IMF, kepala ekonom Gita Gopinath mengatakan dalam webcast Kamis yang diselenggarakan oleh

Dalam konferensi video yang diselenggarakan Dewan Hubungan Luar Negeri IMF, Gopinath mengatakan IMF akan membutuhkan seluruh sumber daya pinjaman saat ini yang jumlahnya mencapai US$1 triliun.

"Kami tahu krisis ini tidak akan hilang dalam waktu dekat. Hal-hal bisa menjadi lebih buruk. Krisis kesehatan belum terpecahkan,” kata Gopinath, seperti dikutip Bloomberg.

IMF mengatakan dalam laporan World Economic Outlook pada 14 April lalu bahwa produk domestik bruto (PDB) global akan turun 3 persen tahun ini. Skenario tersebut mengambil asumsi bahwa pandemi akan mereda pada paruh kedua tahun ini dan langkah-langkah pembatasan dapat secara bertahap dihentikan.

Gopinat mengatakan bahwa kecil kemungkinan skenario tersebut dapat terjadi saat ini.

Proyeksi IMF bulan lalu juga menggambarkan tiga skenario alternatif, di antaranya virus bertahan lebih lama dari yang diperkirakan, kembali pada tahun 2021, atau keduanya. Wabah yang lebih panjang akan menyebabkan PDB global susut 3 persen tahun ini.

Dalam konferensi video yang sama, profesor Universitas Harvard dan salah satu pendahulu Gopinath di IMF, Kenneth Rogoff, mengatakan bahwa beberapa negara akan menghadapi krisis solvabilitas dan akan membutuhkan write-down hutang daripada hanya penundaan pembayaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper