Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rusun Unsil Tasikmalaya Jadi Tempat Karantina Perawat Covid-19

Saat ini ada sekitar 38 perawat termasuk tim farmasi dari Rumah Sakit Islam Hj. Siti Muniroh di Tasikmalaya yang telah menghuni rusun ini.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 29 April 2020  |  15:37 WIB
Rusun mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya. - Kementerian PUPR
Rusun mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya. - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengalihfungsikan sementara rumah susun mahasiswa Universitas Siliwangi di Tasikmalaya, Jawa Barat untuk menjadi tempat karantina bagi para perawat yang menangani pasien Covid-19.

“Pada awalnya kami menyiapkan rusun mahasiswa Universitas Siliwangi ini untuk isolasi pasien Covid-19 sesuai dengan permintaan anggota DPR Komisi V dan Wali Kota Tasikmalaya. Namun, pada akhirnya permintaan kebutuhan beralih menjadikan rusun ini tempat untuk karantina untuk para perawat,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Barat Ridwan Dibya Sudartha melalui siaran pers, Rabu (29/4/2020).

Ridwan menerangkan bahwa sebelumnya bangunan vertikal yang memiliki 43 unit hunian tersebut akan digunakan untuk masyarakat di Tasikmalaya yang mengidap Covid-19 baik yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) maupun orang dalam pemantauan (ODP).

SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Barat, imbuh Ridwan, juga telah menyiapkan beberapa fasilitas pendukung sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19 di rusun tersebut. Pihaknya berharap supaya rusun ini dapat digunakan secara maksimal sehingga dapat membantu pemerintah daerah Tasikmalaya dalam penanganan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Jawa Barat.

Rusun Mahasiswa Universitas Siliwangi di Tasikmalaya dibangun oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Barat Ditjen Perumahan sebanyak satu menara pada tahun lalu.

Rusun setinggi tiga lantai tersebut memiliki hunian sebanyak 43 unit kamar yang terdiri dari 41 unit hunian reguler dan 2 unit kamar hunian khusus penyandang cacat yang berada di lantai dasar.

"Rusun tersebut memiliki luas bangunan 1.963 meter persegi berjumlah tiga lantai dan 43 unit hunian. Setiap unit dapat dihuni sekitar dua orang sehingga daya tampung Rusun ini sekitar 86 orang."

Rusun mahasiswa Unsil sudah dikelola oleh Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya. Saat ini ada sekitar 38 perawat termasuk tim farmasi dari Rumah Sakit Islam Hj. Siti Muniroh di Tasikmalaya yang telah menghuni rusun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rusunawa
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top