Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pandemi Covid-19, Begini Nasib Proyek KPBU Kemenhub

Kemenhub memiliki sejumlah agenda KPBU besar seperti proyek Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Kijing, Pelabuhan Kuala Tanjung, dan Pelabuhan KEK Maloy.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 28 April 2020  |  15:26 WIB
Kondisi terkini jalur penghubung dermaga (trestle) yang sudah dibangun sepanjang 2.700 meter menuju Terminal Kijing, Kamis (16/1/2020). - Bisnis/Rio Sandy Pradana
Kondisi terkini jalur penghubung dermaga (trestle) yang sudah dibangun sepanjang 2.700 meter menuju Terminal Kijing, Kamis (16/1/2020). - Bisnis/Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan sejumlah proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yang dikelolanya tidak akan ditunda di tengah pandemi Covid-19.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mengatakan secara prinsip, sesuai arahan Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Panjaitan bahwa seluruh proses KPBU tidak harus mengalami penundaan terutama berbagai proses yang berada di luar teknis lapangan. Adapun, penundaan dilakukan bagi proyek-proyek yang masih pada tahap persiapan di luar teknis lapangan.

Dia menuturkan artinya proses pemajuannya seperti tender, lelang, penyiapan studi tetap berjalan sebagaimana mestinya. Proses-proses tersebut merupakan proses di luar lapangan yang masih dapat dilakukan tanpa tatap muka.

"Untuk yang bersifat teknis lapangan tentunya proses kemajuannya disesuaikan dengan seluruh aturan dan protokol yang berlaku dalam rangka pencegahan Covid-19 dan pembatasan sosial berskala besar [PSBB]," jelasnya kepada Bisnis.com, Selasa (28/4/2020).

Dengan demikian, terangnya, secara prinsip tidak terjadi penundaan terhadap proyek-proyek KPBU yang dikelola Kemenhub dan semua proses KPBU yang sedang berjalan senantiasa diupayakan untuk tetap berlangsung.

Kemenhub memiliki sejumlah agenda KPBU besar seperti proyek Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Kijing, Pelabuhan Kuala Tanjung, dan Pelabuhan KEK Maloy. Di sektor udara ada Bandara Komodo yang baru saja ditunjuk konsorsium pemenang lelangnya.

Sementara itu, di sektor darat, Kemenhub tengah gencar menawarkan revitalisasi terminal dan jembatan timbang yang dapat dikerjasamakan dengan pihak swasta mulai dari pengembangannya hingga pengelolaannya. Khusus kereta api, masih dalam tahap persiapan misalnya jalur rel Makassar-Pare-Pare, ada juga rel Bandar Tinggi - Kuala Tanjung di Sumatera, dan DT [double track] selatan Jawa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub KPBU
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top