Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Larangan Mudik, LHR Jalan Tol Diprediksi Tinggal 20 Persen

Lalu lintas harian rata-rata (LHR) kendaraan jalan tol selama PSBB di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten berkisar 42 persen hingga 60 persen.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 28 April 2020  |  16:23 WIB
Foto aerial kendaraan melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Foto aerial kendaraan melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pengatur Jalan Tol memprediksi lalu lintas harian rata-rata kendaraan di jalan tol bisa tersisa 20 persen hingga 30 persen dibandingkan dengan periode normal seiring dengan adanya pembatasan sosial berskala besar dan larangan mudik.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan bahwa penurunan lalu lintas harian rata-rata (LHR) kendaraan jalan tol selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten berkisar 42 persen hingga 60 persen.

"Adanya perintah Presiden tanggal 21 April dan efektif pelarangan perjalanan antarwilayah PSBB menekan lagi trafik hingga tinggal 20 persen—30 persen," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (28/4/2020).

Lebih lanjut, katanya, untuk LHR jalan tol di Sumatra, hingga saat ini BPJT masih terus melakukan pemantauan karena ada kenaikan lalu lintas kendaraan yang kemungkinan karena arus barang meningkat.

Danang menambahkan bahwa jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya atau 2019 ketika musim mudik Lebaran, terjadi penurunan sekitar 60 persen—70 persen.

"Ya, itu down 60 persen hingga 70 persen dan ini konsisten dengan data trafik kendaraan barang yang mencapai 20 persen—30 persen, yang tersisa adalah lalu lintas kendaraan penumpang lokal atau jarak pendek, yang menggunakan jalan tol," jelasnya.

Sebelumnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2020 tentang PSBB dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, terdapat 14 ruas tol tersebar di Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat yang menerapkan PSBB dengan prinsip utama untuk membatasi pergerakan dan membatasi interaksi orang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol Virus Corona
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top