Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Circulate Capital Beri Pinjaman Perusahaan Daur Ulang Plastik

Circulate Capital merupakan perusahaan manajemen investasi yang berbasis di Singapura yang berfokus untuk mendorong geliat ekonomi sirkular.
Pekerja mengemas biji plastik usai dijemur di salah satu industri pengolahan limbah plastik di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Pekerja mengemas biji plastik usai dijemur di salah satu industri pengolahan limbah plastik di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Circulate Capital melalui Circulate Capital Ocean Fund (CCOF) telah melakukan investasi perdananya di dua perusahaan daur ulang plastik yang berlokasi di Indonesia dan India, dengan total nilai investasi sebesar US$6 juta.

Investasi di Indonesia diberikan kepada PT Tridi Oasis Group (Tridi Oasis), yang memiliki spesialisasi dalam mendaur ulang botol polietilena tereftalat (PET) menjadi serpihan PET daur ulang (rPET), yang digunakan untuk memproduksi kemasan daur ulang dan tekstil.

CEO Circulate Capital Rob Kaplan mengatakan ketahanan infrastruktur penting seperti sampah dan daur ulang harus berjalan seiring dengan perlindungan terhadap kesehatan dan mata pencarian masyarakat.

“Dengan berinvestasi di usaha kecil dan menengah [UKM] yang mengurangi polusi plastik dan memajukan ekonomi sirkular, kita dapat membangun bisnis berkelanjutan yang dapat bertahan melalui saat-saat krisis,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (28/4/2020).

Circulate Capital merupakan perusahaan manajemen investasi yang berbasis di Singapura yang berfokus untuk mendorong geliat ekonomi sirkular. Dengan CCOF, mereka mengucurkan dana investasi yang didedikasikan untuk krisis sampah plastik laut di Asia Selatan dan Tenggara.

Atapun total dana yang dihimpun Circulate Capital mencapai US$106 juta didapat atas dukungan PepsiCo, Procter & Gamble, Dow, Danone, Chanel, Unilever,The Coca-Cola Company,dan Chevron Phillips Chemical.

Masing-masing investor tersebut tidak hanya memberikan modal, tetapi mereka juga memberikan kontribusi dalam hal keahlian teknis dan pengadaan untuk membantu skala portofolio dan mendorong dampak yang maksimal.

Investasi yang dilakukan melalui CCOF akan membantu dalam membangun pasar dan rantai plastik sirkular, yang dapat mencegah polusi plastik dan mendukung masyarakat setempat.

Selain itu, Circulate Capital pun mendukung perusahaan-perusahaan tersebut agar dapat mengelola konsekuensi yang mereka alami, sebagai dampak dari situasi krisis yang tengah terjadi saat ini, seraya menyediakan akses terhadap kredit jangka pendek bila memungkinkan.

Pinjaman yang diberikan kepada Tridi Oasis dijamin 50 persen oleh U.S. International Development Finance Corporation, bekerja sama dengan Agency U.S. untuk Pembangunan Internasional guna mendorong investasi di rantai daur ulang.

Hal ini dilakukan untuk memerangi pencemaran sampah plastik laut, sekaligus meminimalisir resiko dari investasi tersebut dan mendemonstrasikan sebuah upaya pembiayaan campuran.

Berdasarkan data yang dihimpun Circulate Capital, Indonesia adalah penyumbang sampah plastik laut terbesar kedua – yang menghasilkan 4,8 juta ton sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik setiap tahunnya. Setidaknya, sekitar 620.000 ton yang mengalir ke saluran air dan laut.

“Tridi Oasis membantu menyelesaikan masalah polusi plastik laut dengan mengubah sampah plastik menjadi peluang untuk memajukan ekonomi sirkular, memperbaiki lingkungan dan mendukung masyarakat setempat,” kata Rob.

Sementara itu, CEO Tridi Oasis Dian Kurniawati mengatakan pihaknya optimistis dapat berkontribusi besar dengan menyediakan pekerjaan lokal dan mencegah polusi, dengan mengubah sampah plastik di jalan dan pantai menjadi berbagai produk yang berharga.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan Circulate Capital untuk meningkatkan kapasitas kami dalam mendaur ulang sampah plastik lokal, menumbuhkan basis pelanggan kami dan bermitra dengan berbagai perusahaan manufaktur internasional maupun lokal [termasuk para investor Circulate Capital],” katanya.

Selain itu, menurut Dian, tentunya agar dapat menambah variasi dari produk kami untuk meningkatkan dampak positif yang kami sampaikan, serta mencegah lebih banyak plastik agar tidak berakhir di tempat yang bukan semestinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper