Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Rekomendasi Colliers Bagi Pengembang di Masa Pandemi Covid-19

Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat aktivitas bisnis secara umum menghadapi hambatan besar, termasuk aktivitas investasi, sewa, dan beli properti. Untuk jangka pendek, konsultan properti Colliers International Indonesia memberikan sejumlah rekomendasinya.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 20 April 2020  |  20:00 WIB
Rekomendasi Colliers Bagi Pengembang di Masa Pandemi Covid-19
Foto udara perumahan di kawasan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/4/2020). Bisnis - Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat aktivitas bisnis secara umum menghadapi hambatan besar, termasuk aktivitas investasi, sewa, dan beli properti. Untuk jangka pendek, konsultan properti Colliers International Indonesia memberikan sejumlah rekomendasinya.

Director Advisory Service Colliers International Indonesia Monica Koesnovagril mengatakan dalam kondisi seperti ini, konsultan bisa bekerja sama dengan pengembang atau pemilik properti untuk menawarkan pembiayaan mezanin, seperti penjualan sebagian gedung.

“Ini bisa menjadi langkah positif agar pengembang setidaknya bisa mengantongi dana yang dibutuhkan, dan bahkan bisa mengundang mitra baru yang bisa membuat properti yang dimiliki jadi lebih menarik dan lebih bernilai,” ungkap Monica melalui keterangan tertulis, Senin (20/4/2020).

Untuk jangka pendek, rekomendasi Colliers bagi pengembang dan pemilik properti antara lain untuk melakukan riset terebih dahulu terkait dengan produk atau layanan apa saja yang harus disajikan ke pasar.

Produknya, ungkap Monica, bisa bersifat sementara, yang nantinya bisa dengan cepat digantikan kembali ketika pasar sudah kembali pulih.

“Dari sisi operasional, pengembang bisa menyiapkan produk yang nilai investasinya rendah tapi punya potensi revenue besar. Bisa jadi produk lama atau eksisting tapi dengan posisi berbeda,” jelasnya.

Kemudian, dari sisi finansial, pengembang bisa mempertimbangkan untuk meningkatkan efisiensi, termasuk efisiensi dari sisi pembiayaan dan melakukan restrukturisasi.

“Hotel, lahan, dan properti ritel, yang saat ini sedang di titik terlemahnya, punya kesempatan investasi yang bagus saat wabah Covid-19 sekarang ini,” imbuh Monica.

Adapun, untuk saat ini, baik pengembang, investor, maupun pemilik properti harus memastikan bahwa properti yang dimiliki telah diberikan disinfektan dan dibersihkan secara rutin. Tak lupa, pengembang juga wajib melengkapi petugas kebersihan dengan alat pelindung diri (APD) yang lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti pengembang rumah covid-19
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top