Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Cara Pemerintah Selamatkan Bisnis Kopi di Indonesia

Untuk meringankan dampak virus Corona (Covid-19) bagi UMKM, maka pemerintah memberikan stimulus.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 17 April 2020  |  14:00 WIB
Barista melakukan roasting kopi di salah satu produsen kopi di Jakarta, Sabtu (29/2/2020). Bisnis - Endang Muchtar
Barista melakukan roasting kopi di salah satu produsen kopi di Jakarta, Sabtu (29/2/2020). Bisnis - Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah tengah memperkuat skema dan program untuk membantu pelaku koperasi dan UMKM, termasuk mata rantai kopi. Hal ini sebagai upaya mengatasi dampak virus corona terhadap sektor tersebut.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) M Riza Damanik menyebut bahwa selain anggaran untuk penanganan kesehatan, jaring pengaman sosial dan penyelamatan UMKM telah menjadi prioritas pemerintah saat ini.

Langkah tersebut antara lain melalui relaksasi kredit usaha dan stimulus pinjaman bagi UMKM dan koperasi, pembebasan pajak UMKM, kartu pra kerja, kartu sembako, bantuan tunai, dan stimulus daya beli produk UMKM. "Termasuk pelibatan UMKM dalam pembuatan masker non medic," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (17/4/2020).

Kasubdit Tanaman Penyegar, Direktorat Tanaman Tahunan dan Penyegar, Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian, Hendratmojo Bagus Hudoro mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan berbagai kebijakan seperti keringanan kredit usaha serta menyiapkan pasar ekspor alternatif.

"Tahun ini, Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian disiapkan dengan bunga rendah yakni 6% per tahun dan tanpa agunan untuk pinjaman maksimal Rp50 juta," tutur Hendratmojo.

Pada 2020, Ditjen Perkebunan ditarget realisasi KUR sebesar Rp20,37 triliun dengan rincian di hulu Rp19,76 triliun dan di hilir Rp0,6 triliun. "Untuk komoditas yang besar di sektor ekspor seperti kopi, kami mengkaji alternatif pasar ke negara-negara seperti Jerman, Perancis, Amerika Serikat, Argentina, Jepang, Korea Selatan dan Afrika Selatan," tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi komoditas kopi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top