Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PUPR Serahterimakan Rusunawa Unsultra

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan proses pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) untuk mahasiswa di Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra).
Ilustrasi: Rusunawa./Antara-Vitalis Yogi Trisna
Ilustrasi: Rusunawa./Antara-Vitalis Yogi Trisna

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan proses pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) untuk mahasiswa di Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra).

Pembangunan rusunawa setinggi tiga lantai tersebut menelan anggaran senilai Rp19,9 miliar dan telah dilengkapi berbagai meubelair agar mahasiswa bisa tinggal dengan nyaman dan fokus untuk menuntut ilmu.

"Kami berharap Rusunawa di Universitas Sulawesi Tenggara [Unsultra] ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi muda Indonesia di daerah," ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Utara, Hujurat melalui siaran pers, Kamis (16/4/2020).

Hujurat mengungkapkan, saat ini Kementerian PUPR tengah mendorong pembangunan hunian vertikal baik bagi masyarakat maupun para generasi muda khususnya bagi mahasiswa di perguruan tinggi.

Hal itu dilakukan agar para mahasiswa dapat belajar bagaimana tinggal di rusun sejak dini mengingat lahan untuk perumahan saat ini juga semakin terbatas.

Berdasarkan data SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sultra Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Rusunawa Mahasiswa Unsultra dibangun dalam kawasan Kota Kendari di Jalan Kapten Pierre Tendean No. 109 A di atas tanah seluas 2.500 meter persegi.

Rusunawa mahasiswa Unsultra tersebut dibangun setinggi tiga lantai dengan jumlah kamar sebanyak 62 unit dan 2 kamar diperuntukan bagi mahasiswa yang berkebutuhan khusus.

Rusunawa mahasiswa Unsultra ini diperuntukan bagi mahasiswa tahun pertama maksimal selama dua semester dan bukan untuk tempat tinggal sampai selesai kuliah. Persyaratan dan seleksinya mahasiswa yang akan tinggal di rusunawa itu ditentukan dari pihak Unsultra sebagai pengelola rusunawa.

"Tipe kamar yang pada setiap ruangan yakni tipe 24 dan kami sudah melengkapinya dengan tempat tidur, kursi dan meja belajar dan lemari pakaian,” jelasnya.

Proses serah terima pengelolaan dan pemanfaatan Rumah Susun Mahasiswa Unsultra dari pihak SNVT Perumahan Provinsi Sultra ke pihak Universitas Sulawesi Tenggara telah dilaksanakan pada tanggal 13 April 2020 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper