Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Corona, IAP Pastikan Perencanaan IKN Tetap Jalan

Yang saat ini terpaksa tertunda dalam perencanaan IKN antara lain dari segi penyusunan aturan dasar hukumnya.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 02 April 2020  |  18:00 WIB
Konsep Ibu Kota Negara. - Antara
Konsep Ibu Kota Negara. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Meski diterpa wabah corona, perencanaan pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur dipastikan tetap berjalan.

Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP) Andy Simarmata mengatakan bahwa sampai saat ini proses studi dan perencanaan ibu kota negara (IKN) terus berjalan.

“Karena physical distancing aja jadi survei di lapangan di-hold dulu, tapi proses pengolahan datanya mungkin terus dilakukan, enggak ada masalah itu dari jarak jauh,” ungkapnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (2/4/2020).

Adapun, yang saat ini terpaksa tertunda dalam perencanaan IKN antara lain dari segi penyusunan aturan dasar hukumnya.

Andi menyebutkan bahwa Rancangan Undang-Undang IKN masih digodok di DPR, sedangkan dengan kondisi seperti sekarang ini pengesahan tidak memungkinkan.

“Yang ditunggu itu Presiden kan maunya cepat, terus biasanya ada ground breaking, cuma karena belum ada legal basic-nya ya, enggak bisa mulai. Lalu DPR enggak bisa paripurna dan pengesahan UU IKN. Ini juga berpotensi menghambat,” jelasnya.

Andy mengatakan bahwa awalnya dasar hukum seharusnya bisa rampung pada semester pertama tahun ini. Namun, lantaran ada wabah Covid-19, diperkirakan akhir Mei baru akan ada pembicaraan lagi. Jika dasar hukum sudah selesai dibuat, baru pemerintah kementerian bisa mulai melakukan simbol pembangunan.

“Kalau sudah ada ketetapan hukum baru bisa mulai, misalnya, ground breaking atau pembangunan infrastruktur jalan, atau waduk air. Namun, kalau untuk sekarang kayaknya masih belum bisa,” kata Andy.

Selain itu, pengembangan IKN juga masih harus menunggu studi dari hasil sayembara aristek dan perencanaan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang nantinya dikoordinasikan antara kementerian terkait.

“Masih ada beberapa juga yang belum disusun, seperti aturan terkait tata ruangnya juga belum siap, baru mau disusun tahun ini. Jadi, mungkin paling baru selesai akhir tahun,” ujarnya.

Meskipun ada wabah corona dan physical distancing, katanya, hal itu tidak akan benar-benar menyetop perencanaan pembangunan IKN.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona ibu kota negara
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top