Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Listrik Gratis 3 Bulan, PLN Ikut Arahan Presiden

Pemerintah akan membebaskan biaya untuk pelanggan listrik 450 VA selama tiga bulan ke depan yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  17:22 WIB
Warga memeriksa meteran listrik prabayar di Rumah Susun Benhil, Jakarta, Selasa (11/02/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Warga memeriksa meteran listrik prabayar di Rumah Susun Benhil, Jakarta, Selasa (11/02/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo memberikan stimulus keringanan biaya listrik di tengah pandemi virus corona Covid - 19.

Pemerintah akan membebaskan biaya untuk pelanggan listrik 450 VA selama tiga bulan ke depan yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan.

Selain itu, bagi pelanggan listrik 900 VA akan mendapatkan keringanan berupa potongan harga sebesar 50 persen selama periode yang sama. Saat ini jumlah pelanggan memakai listrik 900 VA sekitar 7 juta pelanggan.

Menanggapi hal itu, Vice Presidend Public Relation PLN (Persero) Dwi Suryo Abdullah mengatakan kebijakan penangguhan dan keringan tarif listrik tersebut sudah dibicarakan dan dikoordinasikan dengan PLN.

"Tentu kami akan sangat mendukung kebijakan Pemerintah yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo," ujarnya, Selasa (31/3) 

Menurutnya, ditengah kondisi seperti ini, yang terpenting adalah membantu masyarakat terutama warga yang tidak mampu agar tetap bisa menikmati listrik melalui keringanan dan penangguhan tarif listrik.

Adapun terkait mekanismenya, biasanya ada ketentuan yang mengaturnya dari Kementerian terkait, yaitu Kementrian ESDM.

"Semoga penangguhan dan diskon ini juga dapat mendukung masyarakat untuk tetap dapat beraktifitas di rumah masing-masing, sehingga penyebaran virus corona dapat dihambat berkurang signifikan," tuturnya.

Saat ini, PLN juga tengah meyiapkan penghitungan kebijakan keringanan tarif listrik untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi PLN
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top