Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KKP Siapkan Strategi Atasi Dampak Corona ke Sektor Perikanan

Strategi yang disiapkan dari menjaga kestabilan harga hingga optimalisasi sistem resi gudang.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 28 Maret 2020  |  14:31 WIB
Petambak memanen kepiting soka hasil budi daya keramba apung di desa Cot Lam Keueh, kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Rabu (23/1/2019). - ANTARA/Ampelsa
Petambak memanen kepiting soka hasil budi daya keramba apung di desa Cot Lam Keueh, kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Rabu (23/1/2019). - ANTARA/Ampelsa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuat strategi untuk mengantisipasi dampak virus corona terhadap usaha perikanan.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Nilanto Perbowo mengatakan pihaknya akan menjaga stabilitas harga, sehingga pelaku usaha dapat terhindar dari kerugian dan produksi ikan terserap.

Pelaksanaan strategi tersebut, yakni kerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) agar terjadi sinergi yang berdampak langsung di masyarakat.

"[Kerja sama] Berupa penyaluran bahan baku ikan segar dan olahan dengan cara Bantuan Pangan Non Tunai, yang sebagian dari itu dapat dibelikan ikan," sebut Nilanto dikutip dari siaran pers, Sabtu (28/3/2020).

Strategi lain yang juga disiapkan KKP adalah optimalisasi pelaksanaan Sistem Resi Gudang (SRG) ikan atau dikenal dengan sistem tunda jual.

Dengan begitu, pada saat harga turun, nelayan dan pembudidaya ikan tidak mengalami kerugian dengan menitipkan produknya di gudang beku (cold storage) yang ditunjuk dalam SRG dan dapat menjualnya kembali saat harga membaik.

Bahkan resi dari penitipan ikan di gudang beku, dapat dijaminkan ke lembaga pembiayaan untuk mendapatkan dana tunai sebagai modal usaha.

"Lalu, penyerapan ikan dalam rangka program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan," tutur Nilanto.

Sementara itu, Ditjen PDSPKP akan terus melakukan pemantauan ketersediaan, perkembangan pasokan, dan harga ikan di Indonesia.

Lokasi pemantauan yang telah dilakukan diantaranya Bali, DKI Jakarta, Surabaya, Kendari, Purwakarta, Bekasi, Pekalongan, Trenggalek, Malang, Cilacap, Indramayu, Tegal, Gunung Kidul, Bitung, Makasar, dan Kota Ternate. Nantinya akan berlanjut ke lokasi sentra produksi dan pengolahan ikan lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kkp Virus Corona
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top