Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Capai 99 Persen

Keseluruhan tol Sigli - Banda Aceh direncanakan selesai pembangunannya di tahun 2021.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  06:44 WIB
Kendaraan melintas di ruas Tol Sigli-Banda Aceh yang sedang dibangun di Aceh, Jumat (21/2 - 2020). Tol pertama di Aceh ini memiliki panjang total 74,2 kilometer dengan biaya investasi Rp12,35 triliun dan ditargetkan bisa rampung seluruhnya pada 2021. Bisnis/Agne Yasa.
Kendaraan melintas di ruas Tol Sigli-Banda Aceh yang sedang dibangun di Aceh, Jumat (21/2 - 2020). Tol pertama di Aceh ini memiliki panjang total 74,2 kilometer dengan biaya investasi Rp12,35 triliun dan ditargetkan bisa rampung seluruhnya pada 2021. Bisnis/Agne Yasa.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengungkapkan progres pembangunan tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang telah mencapai 99 persen.

Hal ini diinformasikan akun resmi instagram Dirjen Bina Marga di info_binamarga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di bpjt_info yang dikutip Bisnis, Jumat (27/3/2020).

Sebagai informasi, Tol Sigli-Banda Aceh sepanjang 74 kilometer terdiri dari 6 seksi, yakni Seksi 1 Padang Tiji - Seulimun (24,3 kilometer), seksi 2 Seulimun - Jantho (7,6 kilometer), seksi 3 Jantho - Indrapuri (16 kilometer), seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang (13,5 kilometer), seksi 5 Blang Bintang - Kuta Baro (7,7 kilometer), dan seksi 6 Kuta Baro - Baitussalam (5 kilometer).

Adapun, keseluruhan tol Sigli - Banda Aceh direncanakan selesai pembangunannya di tahun 2021. Harapannya, tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) akan mempermudah konektivitas dan mendongkrak roda perekonomian masyarakat Aceh.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengungkapkan targetnya seksi 4 dapat beroperasi pada Mei 2020, seksi 3 target operasi pada Desember 2020. Kemudian, seksi 1, 2, 5 dan 6 target operasi pada Desember 2021.

"Pihak Hutama Karya dan Adhi Karya berkomitmen April 2020 seksi 4 bisa operasional. Diharapkan seksi 4 dapat operasional, tapi sekurang-kurangnya dapat fungsional tanpa tarif pada Lebaran 2020. [Secara keseluruhan target selesai] tahun 2021," katanya.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan untuk seksi 4 ditargetkan bisa digunakan ketika masa libur Lebaran 2020.

"[Targetnya] seksi 4 bisa digunakan untuk libur Lebaran," ujarnya.

Adapun dengan rampungnya seksi 4 tersebut dinilai dapat mempermudah akses dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya dari Sigli - Indrapuri ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Sebagai informasi, pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh merupakan salah satu ruas Tol Trans Sumatera yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dibangunnya tol akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar 2-3 jam dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok melalui perbukitan menjadi hanya satu jam perjalanan.

Total investasi untuk pembangunan ruas tol Sigli – Banda Aceh ini adalah sebesar Rp12,35 Triliun dengan biaya konstruksi sebesar Rp8,99 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt hutama karya
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top